Blog Grup Pedoman Rakyat

Kamis, 13 Maret 2014

SMA 19 Makassar Empat Kali Laksanakan Try-out


UJIAN AKHIR SEKOLAH. Kepala SMA 19 Makassar, H Aksa SPd MPd, memantau pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) pada beberapa ruangan di sekolahnya, Kamis, 13 Maret 2014. SMA Negeri 19 Makassar melaksanakan empat kali try-out untuk mempersiapkan siswa menghadapi UAS, UN, dan tes penerimaan calon mahasiswa baru perguruan tinggi negeri 2014. (Foto: Asnawin)



---------------


SMA 19 Makassar Empat Kali Laksanakan Try-out


Jumlah siswa SMA 19 Makassar yang mengikuti UAS dan Ujian Nasional (UN) pada tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 106 orang, terdiri atas 70 siswa jurusan IPA dan 36 siswa jurusan IPS. Secara keseluruhan, jumlah siswa SMA 19 Makassar sebanyak 319 orang.

Menghadapi UAS, UN, dan tes penerimaan mahasiswa baru di PTN (khususnya SNMPTN dan SBMPTN), para siswa telah diberikan persiapan khusus.

“Kami melakukan empat kali try-out (uji coba). Tiga kali try-out kami laksanakan bekerjasama pihak ketiga, sedangkan satu kali try-out itu dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Makassar,” ungkap Kepala SMA 19 Makassar, H Aksa SPd MPd.

Ditemui ketika sedang memantau pelaksanaan UAS di sekolahnya, Jl Inspeksi PAM Timur Manggala, kawasan Antang Makassar, Kamis, 13 Maret 2014, Aksa mengatakan, try-out pertama pada awal Januari 2014, merupakan tes awal untuk memetakan kemampuan siswa.

“Hasil try-out kemudian disampaikan kepada seluruh siswa melalui papan pengumuman, sehingga siswa bisa melihat dan termemotivasi untuk lebih giat belajar mempersiapkan diri menghadapi try-out kedua dan seterusnya hingga pelaksanaan UAS, UN, dan tes penerimaan maba di PTN,” katanya.

Selanjutnya, pihak sekolah memadukan hasil try-out tersebut dengan nilai rapor siswa, khususnya nilai rapor semester tiga, semester empat, dan semester lima. Perpuaduan hasil try-out pertama dengan nilai rapor itulah posisi siswa menjelang pelaksanaan UAS dan UN.

“Nilai dan posisi siswa ini kami sampaikan kepada para siswa dan orangtua siswa. Selanjutnya, kami mengadakan pembimbingan khusus kepada para siswa dengan bantuan dan kerjasama Komite Sekolah,” papar Aksa.

Setelah itu, katanya, pihak sekolah melaksanakan try-out kedua pada minggu kedua Maret 2014, dan ternyata ada peningkatan hasil.

“Alhamdulillah, nilai yang diperoleh siswa pada try-out kedua ada peningkatan dibandingkan nilai try-out pertama,” kata Aksa. (asnawin)

---------------------
[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan Anda di blog "Pedoman Rakyat"]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar