Blog Grup Pedoman Rakyat

Jumat, 07 Maret 2014

Siswa SMA 8 Makassar Belajar Sampai Sore


Kepala SMAN 8 Makassar Ahmad Hidayat, mengatakan, menghadapi Ujian Nasional (UN) Tahun Ajaran 2013/2014, SMA Negeri 8 Makassar jauh-jauh hari sebelumnya sudah melakukan berbagai langkah antisipasi. Salah satunya yaitu menambah jam pelajaran bagi siswa kelas XII, khusus mata pelajaran yang di-UN-kan, sejak tahun ajaran baru. Jam pelajaran tambahan diterapkan mulai Senin hingga Rabu, yaitu para siswa belajar hingga pukul 17.00 Wita. (Foto: Asnawin)





-----------------


Siswa SMA 8 Makassar Belajar Sampai Sore


- 30 Siswa Lulus SNMPTN


Menghadapi Ujian Nasional (UN) Tahun Ajaran 2013/2014, SMA Negeri 8 Makassar jauh-jauh hari sebelumnya sudah melakukan berbagai langkah antisipasi. Salah satunya yaitu menambah jam pelajaran bagi siswa kelas XII, khusus mata pelajaran yang di-UN-kan, sejak tahun ajaran baru.

Kepala SMAN 8 Makassar Ahmad Hidayat SPd MPd, kepada penulis di ruang kerjanya, Kamis, 6 Maret 2014, mengatakan, jam pelajaran tambahan diterapkan mulai Senin hingga Rabu, yaitu hingga pukul 17.00 Wita.

“Anak-anak belajar sampai sore. Biaya tambahan jam pelajaran ditanggung Komite Sekolah. Jadi, kami tidak memungut biaya dari siswa,” ungkap Ahmad Hidaya yang didampingi Wakasek Bidang Kurikulum Dra St Suriani, Wakasek Bidang Humas Gassing SKom, dan Pengawas Komite Sekolah Drs Fatahuddin MSi.

Selain memberikan tambahan jam pelajaran, pihak sekolah juga melakukan tes pemetaan kemampuan siswa kelas XII, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan kota Makassar.

“Kami juga mengadakan try-out (uji coba) Ujian Nasional bekerjasama dengan beberapa Bimbel (Bimbingan Belajar), antara lain dengan Gama College,” sebut Pak Yayat, sapaan akrab Ahmad Hidayat.

Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional, pertengahan April mendatang, SMAN 8 Makassar akan melaksanakan dzikir akbar, yaitu doa bersama seluruh siswa dan guru, serta staf sekolah agar pelaksanaan Ujian Nasional berlangsung sukses dan para siswa lulus dengan nilai yang bagus.

Ahmad Hidayat menjelaskan, sesudah pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) pada 10-15 Maret 2014, siswa kelas XII akan fokus belajar mata pelajaran yang masuk daftar Ujian Nasional, yaitu matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, fisika, kimia, dan biologi untuk siswa jurusan IPA, serta mata pelajaran matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, geografi, ekonomi, dan sosiologi untuk siswa jurusan IPS.

Syarat nilai kelulusan tahun ini, lanjutnya, masih sama dengan tahun lalu yaitu minimal 5,5. Tahun ini tercatat sebanyak 281 siswa yang akan ikut UN, atau berkurang empat siswa dibandingkan tahun lalu.

SNMPTN 2014

Menyinggung persiapan siswa SMAN 8 Makassar mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 yang dilaksanakan secara online dan secara nasional, Ahmad Hidayat mengatakan, seluruh siswa sudah memasukkan data dan sekarang tengah dilakukan verifikasi.

“Tahun lalu ada 30 orang siswa kami yang lulus lewat jalur SNMPTN . Mereka antara lain lulus di Unhas (Universitas Hasanuddin, Makassar), UNM (Universitas Negeri Makassar), UIN Alauddin, Untad (Universitas Tadulako, Palu), Unsrat (Universitas Sam Ratulangi, Manado), dan Uncen (Universitas Cenderawasih, Papua),” paparnya.

Dalam berbagai kesempatan, Ahmad Hidayat selaku Kepala Sekolah selalu mengingatkan para siswa Kelas XII agar mengurangi kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan persiapan menghadapi Ujian Nasional.

Dia juga berharap para orangtua siswa proaktif mengontrol anak-anak mereka, karena siswa lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah dan di luar sekolah dibandingkan di sekolah.

“Siswa hanya sekitar delapan jam berada di sekolah. Selebihnya, kami tidak tahu kemana mereka pergi dan apa yang mereka lakukan. Jadi, peran orangtua dalam mengontrol anak-anaknya sangat besar. Dalam hal ini, kami berharap orangtua melakukan berbagai pendekatan, terutama pendekatan spiritual,” tutur Ahmad Hidayat. (asnawin)

------------------
[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan Anda di blog "Pedoman Rakyat"]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar