Kamis, 25 Maret 2010

Kuliah di Pascasarjana Tak Harus Linier Ilmunya


Direktur Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Dr Jasruddin MSi, kepada penulis di ruang kerjanya, Rabu, 24 Maret 2010, mengatakan, kuliah pada program pascasarjana tak harus linier ilmunya. ‘’Yang saya tahu itu boleh-boleh saja. Filternya masyarakat sebagai pemakai. Jadi biarkanlah masyarakat yang menilai,’’ katanya. (Foto: Asnawin)





----------------

Prof Jasruddin:


Kuliah di Pascasarjana Tak Harus Linier Ilmunya




Makassar, 25 Maret 2010.Banyak sorotan yang ditujukan kepada perguruan tinggi penyelenggara program pascasarjana, antara lain karena menerima mahasiswa dari berbagai jurusan atau program studi dan membebaskan mereka memilih salah satu jurusan yang tersedia meskipun latar belakang ilmunya tidak linier.

Seorang dokter misalnya, secara logika harus memilih program magister (S2) kesehatan atau menjadi dokter spesialis, tetapi kenyataannya mereka memilih jurusan lain.

Seorang insinyur atau sarjana teknik juga seharusnya melanjutkan kuliah program magister pada jurusan yang sama atau serumpun dengan jurusan yang telah diambil pada program sarjana (S1), tetapi kenyataannya banyak insinyur yang melanjutkan kuliah pada program magister manajemen atau magister sosial.

‘’Seharusnya mereka lanjut kuliah S2 dan S3 pada jurusan yang sama atau serumpun, agar mereka menjadi ahli di satu bidang ilmu tertentu,’’ kata Koordinator Kopertis IX Sulawesi, Prof Dr HM Basri Wello MA, dalam berbagai kesempatan.

Menanggapi sorotan tersebut, Direktur Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Dr Jasruddin MSi, kepada penulis di ruang kerjanya, Rabu, 24 Maret 2010, mengatakan, kuliah pada program pascasarjana tak harus linier ilmunya.

‘’Yang saya tahu itu boleh-boleh saja. Filternya masyarakat sebagai pemakai. Jadi biarkanlah masyarakat yang menilai,’’ katanya.

Setiap dosen memang diharapkan melanjutkan kuliah (S2 dan S3) pada jurusan yang sama atau serumpun, tetapi tidak semua orang yang lanjut S2 atau S3 adalah dosen. Di luar dosen, bisa saja setiap orang melanjutkan kuliah pada jurusan yang sesuai kebutuhannya masing-masing.

Yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi adalah melakukan tes masuk secara benar dan bisa dipertanggungjawabkan, mewajibkan mahasiswa mengikuti program matrikulasi, serta mewajibkan mahasiswa yang berasal dari jurusan berbeda (tidak linier)mengikuti mata kuliah unvulen (mata kuliah pada program sarjana atau S1 yang memang seharusnya dikuasai sebelum melanjutkan kuliah pada program S2).

‘’Mata kuliah unvulen itu tidak termasuk mata kuliah wajib yang berjumlah minimal 36 SKS bagi mahasiwa program magister. (asnawin)


70 komentar:

  1. ridwan demmatadju04 Juni, 2010 20:37

    saya setuju prof tidak harus linier...

    BalasHapus
  2. terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga pak prof membaca komentar anda....

    BalasHapus
  3. ia setuju...
    kalau misalnya S1 adm negara melanjutkan ke S2 HI susah nggak ia pak??

    BalasHapus
  4. Permisi,pak,ada hal yang mau saya tanyakan. - 1. S1 dan S2 teknik sipil, kemudian S3 bidang science, apakah itu masih kategori linear??

    2. bisa tolong diuraikan pengertian linear?

    thx pak.

    BalasHapus
  5. sy smentara kuliah s2, s1 sistem informasi. sekarang lanjut s2 Master manajemen konsentrasi manajemen pendidikan.
    sy sependapat dengan Pak Prof Jasruddin. Masyarkat yang menilai.
    Yang menjadi pertanyaan saya untuk harus linear s1, s2 dan s3 adalah apakah sudah ada aturan yang mengatur?

    BalasHapus
  6. Mau tanya, saya s1 sosial ekomomi peternakan, apakah kalau saya ambil s2 ilmu ekonomi atau ilmu manajemen bisa disebut serumpun?

    BalasHapus
  7. Saya sangat setuju tidak harus linier. Saya mau tanya, kalau sarjana S1 Psikologi terus melanjutkan S2 Filsafat atau S2 Sejarah bisa tidak........?

    BalasHapus
  8. Saya mau tanya, saya s1 kimia tapi ingin lanjut s2 psikologi apakah bisa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja, tp harus ikut matrikulasi dulu untuk penyesuaian dari prodi/jurusan lama ke prodi/jurusan baru....

      Hapus
  9. Prof, saat ini saya sedang mengambil S1 Jurnalistik dan berniat melanjutkan S2 di bidang sastra. Apakah itu linier? karena selama saya belajar jurnalistik, kemampuan bahasa juga diutamakan. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya beda ya bahasa sastra dengan bahasa jurnalistik?

      Hapus
  10. saya mau tanya. Saat ini saya kuliah S1 mengambil prodi Pendidikan Matematika, apakah bisa melanjutkan S2 mengambil prodi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia atau bidang sastra Indonesia yang di luar jalur bidang pendidikan? Kalau bisa, apakah berpengaruh pada saat melamar pekerjaan, jadi dosen misalnya? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    BalasHapus
  11. Prof, saya mau tanya. S1 saya pendidikan bahasa inggris, dan saat ini saya melanjutkan s2 jurusan manajemen pendidikan. Pertanyaannya adalah apakah jurusan s2 yang saya ambil masih satu rumpun? Kemudian bagaimana prospek kerja kedepanny? Dan apakah bisa jadi dosen? Trims

    BalasHapus
  12. saya S1 HI ingin ambil S2 Ilmu Kelautan. apakah bisa?

    BalasHapus
  13. Saya mau tanya, apakah S1 oseanografi bisa melanjutkan ke S2 teknik sipil?. Makasih sebelumnya prof

    BalasHapus
  14. Saya mau tanya, apakah S1 oseanografi bisa melanjutkan ke S2 teknik sipil?. Makasih sebelumnya prof

    BalasHapus
  15. saya jaga ada pertanyaan, bisakah dari S1 komunikasi dan penyiaran, melanjutkan S2 Psikologi??.... seperti apa kesulitannya nanti?
    terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Andini dwi putri12 Januari, 2016 09:47

      Aduh sama banget. Aku juga s1 nya komuniasi. Maunya s2 psikloogi. Jadinya kamu gimana? Masih bingung bisa/engganyaam

      Hapus
  16. Prof, setelah mendapat gelar SH, apakah saya bisa melanjutkan ke gelar M. Kom? Karena sebelumnya saya tlah mendapatkan gelar A. Md komputer. Terima kasih

    BalasHapus
  17. saya mau tanya prof, kalo S1 saya Sistem Informasi dan untuk S2 saya ingin sekali masuk kehutanan karna sejak SMA saya memang ingin dan tertarik sekali masuk jurusan kehutanan tapi krn suatu hal saya jadinya masuk jurusan sistem informasi. menurut prof gimana?

    BalasHapus
  18. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi http://jasapembuatanskripsiprofesional.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  19. Mohonsaran prof, sarjana ilmu gizi/S1 lanjut S2 ke Tehnik Industri Pangan sulit ngga ya

    BalasHapus
  20. Dear all, saya lulusan s1 hukum dan berencana melanjutkan s2. Saat ini saya bekerja dibagian risk management, lebih baik saya mengambil s2 magister hukum atau s2 management ya? mengingat saya masih ada keinginan untuk menjadi dosen nantinya, walaupun untuk 2-3 tahun ini masih akan tetap bekerja di perusahaan.
    Regards

    BalasHapus
  21. Semoga dengan diperbolekanny hal tsb di atas bisa bikin masyarakat dg keinginan belajar yg tinggi bs lbih maju .

    BalasHapus
  22. Pak, kalo misalnya S1 Sastra Inggris bisa gak lanjut S2 Psikologi?

    BalasHapus
  23. Prof, saya dari lulusan S1 Kehutana apakah bisa saya ambil S2 nya Pendidikan Kedokteran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi Dokter Hutan

      Hapus
  24. sy s1 pend. Tek. Mesin,sekrng sementra s2 Tek.Mesin Murni. apkh masih kategori linier atau tidak ?? thnks

    BalasHapus
  25. Pak saya mau tanya kalau saya s1 ambil biologi murni kemudian ingin lanjut ambil megister pendidikan agama islam apa bisa ya pak ?

    BalasHapus
  26. Pak saya mau tanya kalau saya s1 ambil biologi murni kemudian ingin lanjut ambil megister pendidikan agama islam apa bisa ya pak ?

    BalasHapus
  27. Saya ingin bertanya, kalau saya dari jurusan manajemen bisnis telekomunikasi dan informatika (s1) ingin mengambil s2 sistem informasi atau yang berhubungan dengan teknik apakah bisa,pak? Mohon jawabannya

    BalasHapus
  28. Apakah secara administrasi dan akademik membolehkan lulusan ilmu sosial (s1) melanjutkan studi program ilmu teknik (s2)? Mohon masukanya.

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. prof kalau seumpama s1 saya ilmu komunikasi trus rencana lanjut s2 teknik bagaimana jalan terbaiknya ya prof, apa selama study s1 saya sebisa mungkin belajar tentang jurusan s2 yang teknik nanti?

    mohon pencerahannya prof

    BalasHapus
  31. prof kalau seumpama s1 saya ilmu komunikasi trus rencana lanjut s2 teknik bagaimana jalan terbaiknya ya prof, apa selama study s1 saya sebisa mungkin belajar tentang jurusan s2 yang teknik nanti?

    mohon pencerahannya prof

    BalasHapus
  32. Saya ingin bertanya, kalau saya dari jurusan manajemen bisnis telekomunikasi dan informatika (s1) ingin mengambil s2 sistem informasi atau yang berhubungan dengan teknik apakah bisa,pak? Mohon jawabannya

    BalasHapus
  33. Prof saya pengen tanya atau masukan gitu, S1 saya sekarang Manajemen SDM Rencana pengen ngambil S2 nya bagian Kesehatan atau ke dokter apa bisa gitu prof mohon masukkan dri bapak, makasi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya umur 17 thn,thn depan kuliah, saya juga pingin ambil s1 manajemen dan s2 ahli gizi tp saya tidak tau apakah boleh sperti itu, apa skrg anda sudah menentukan? Apa boleh?

      Hapus
    2. Lebih baik s1 ilmu gizi, s2 manajemen :)

      Hapus
  34. Prof saya pengen tanya atau masukan gitu, S1 saya sekarang Manajemen SDM Rencana pengen ngambil S2 nya bagian Kesehatan atau ke dokter apa bisa gitu prof mohon masukkan dri bapak, makasi..

    BalasHapus
  35. Halo selamat malam, Pak. Saya mahasiswa Teknik Elektro dari Bandung. Saya ingin bertanya pa, kira kira untuk melanjutkan S2, bidang apa yang linear? saya berencana mengambil jurusan Teknik Nuklir untuk S2.

    Mohon pencerahannya pak. Terimakasih.

    BalasHapus
  36. Selamat malam prof, saya sarjana teknik. Saat ini.saya ingin mengambil sarjana hukum dan magister hukum secara bersamaan. Logikanya magisternya yg lulus terlebih dahulu. Apakah boleh seperti itu. Terima kasih.

    BalasHapus
  37. Selamat malam prof, saya sarjana teknik. Saat ini.saya ingin mengambil sarjana hukum dan magister hukum secara bersamaan. Logikanya magisternya yg lulus terlebih dahulu. Apakah boleh seperti itu. Terima kasih.

    BalasHapus
  38. Prof,apa jurusan pendidikan bahasa inggris s1 itu klu ambil jurusan HI dan Psikologi itu susah? Dan apa ada mata kuliah tambahan yg seperti prof ktkan td untuk mengambil jurusan itu? Juga bagaimana prospek kerja kalau pendidikan itu tdk linear prof?

    BalasHapus
  39. Prof,apa jurusan pendidikan bahasa inggris s1 itu klu ambil jurusan HI dan Psikologi itu susah? Dan apa ada mata kuliah tambahan yg seperti prof ktkan td untuk mengambil jurusan itu? Juga bagaimana prospek kerja kalau pendidikan itu tdk linear prof?

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. S1 teknik perminyakan mau ngmbil s2 teknik sipil..
    Bisa nggak iya..
    😓😓

    BalasHapus
  42. jika menjadi seorang guru pendidikan bahasa inggris S1 nya dan lanjut S2 di ilmu kesusastraan tidak masalah?

    BalasHapus
  43. wah nampaknya yang posting artikel ini kan bukan prof, awalnya mau tanya, tapi hanya bisa senyum. intinya saya juga setuju. saya kebetulan s1 sastra mau ambil s2 hukum.

    BalasHapus
  44. prof, saya s1 kimia kalo s2 nya pendidikan matematika bsa gk ya?

    BalasHapus
  45. s1 HI mau ambil s2 yang bukan linear tapi masih bingung :(

    BalasHapus
  46. saya jurusan S1 Teknik perkapalan,mau lanjut S2 Filsafat Islam...apa bisa pak yach..mohon infonya

    BalasHapus
  47. Assallammualaikum ,Wr.Wb Prof..
    Saya ingin bertanya Prof : S1 saya jurusan B.Inggris dan saya Rencana S2 saya mau ngambil Manajemen Pendidikan ,Menurut Prof. Gimana? Linear atau tidak.
    Soalnya saya informasi yg saya dapat baik itu dri mantan dosen2 dan rekan2 berbeda ,nah timbul lah pertanyaan ini.
    Klu info dri dosen saya ,itu tidak linear ,nah..klu menurut rekan2 saya itu linear ,dan ia menjelaskan bahwa linear itu terbagi 2 ,pertama linear mutlak ,kedua linear Induk.linear Mutlak itu jurusan S1 dan S2 itu sama ,tapi klu Linear induk ,S1 bahasa inggris dan S2 manajemen pendidikan ,itu tetap linear juga namanya linear induk ,karena sama2 pendidikan juga.
    Mohon Penjelasan nya Prof..
    Terima kasih
    Wassallam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mbak. saya ingin mempertanyakan hal yang sama juga. karena saya lulusan s1 pendidikan kimia dan berencana melanjutkan s2 manajemen pendidikan. namun sebgaian orang menyatakan itu tidak liner dan sebagian nya menyatakan itu liner karena masih dalam satu fakultas yang sama yaitu pendidikan. mohon bantuan atas penjelasannya. terima kasih pak/bu

      Hapus
  48. Selamat pagi Prof,
    Saya merupakan mahasiswi lulusan sastra jepang. Untuk selanjutnya saya berencana untuk mengikuti seleksi beasiswa lpdp afirmasi namun saya memiliki ketertarikan yang besar pada jurusan yang jauh berbeda, yakni pengelolaan sumber daya lingkungan (psdl). Apakah itu bisa dilakukan atau tidak Prof?
    Terimakasih sebelumnya dan selamat pagi :)

    BalasHapus
  49. Assalamu'alaikum prof, saya lulusan s1 dari kesehatan masyarakat jurusan administrasi kebijakan kesehatan berencana mau melanjutkan program s2 magister manajemen. Apakah itu linear prof? apakah nantinya saya akan mengalami kesulitan karna tidak sesuai dengan basic saya dari kesehatan? sebelumnya terima kasih banyak

    BalasHapus
  50. Assalamualaikum pa prof. saya lulusan S1 dari IAIN Jur.Aqidah Filsafat mau lanjut S2 Manajemen pendidikan. apakah itu linear ?

    BalasHapus
  51. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  52. sya s1 manajemen keuangan mau ambil s2 teknik sipil, bagaiman, mohon pencerahan?

    BalasHapus
  53. prof, misalnya lulusan S1 Biologi murni (bukan pendidikan guru) ingin melanjutkan S2 Psikologi apakah bisa?

    BalasHapus
  54. Prof. Ijin bertanya saya lulusan s1 civil engineering dan berencana ambil magister di bidang mechanical engineering, sekira bisa prof, dan apa plus minus nya prof ?

    BalasHapus
  55. prof ini pertanyaan mungkin kedengaran konyol tapi saya harap dapat jawabnnya prof, ini nebeng akun email teman lagi..saya s1 teknik perencanaan wilayah dan kota mau ambil s2 kedokteran bisa dok?? atau ulang lagi s1 kedokteran karena dasarny cuman jadi dokter kota dan wilayah bukan dokter orang prof.. harap pencerahannya prof

    BalasHapus
  56. kl s1 Administrasi bisnis international trus mau lanjut s2 Agribisnis masi linear gak ? terus masi ad ksmpatan utk jadi dosen tdk kl gt

    BalasHapus
  57. prof saya mau bertanya saya lulusan s1 Teknik rencana s2 mau ke olahraga apa bisa ya prof ?

    BalasHapus
  58. Dok saya mau tanya apa bisa S1 keguruan dan S2 nya masuk kedokteran?

    BalasHapus
  59. Prof, Sya dari D4 analis kesehatan apa bisa S2 nya nanti ambil kedoateran?

    BalasHapus
  60. Prof, Sya dari D4 analis kesehatan apa bisa S2 nya nanti ambil kedoateran?

    BalasHapus
  61. Pak mau tanya ya , saat ini saya ambil S1 manajemen tapi berencana ambil S2 pariwisata itu gimana ya ? Sulit apa nggak ya

    BalasHapus