Kamis, 24 Juli 2008

Alumni AMI Veteran Makassar Mahir Komputer dan Bahasa Inggris

AMI Veteran Makassar:
Alumni Mahir Komputer dan Bahasa Inggris


Agar bisa bersaing dengan alumni dari berbagai perguruan tinggi sejenis, Akademi Maritim Veteran Republik Indonesia (AMI Veteran) Makassar melakukan berbagai terobosan. Salah satu terobosan tersebut yaitu mewajibkan para taruna dan taruninya mengikuti program belajar komputer dan bahasa Inggris.

Dengan demikian, setelah mengikuti perkuliahan dan praktek laut (Prala) selama sekitar tiga tahun, para alumni AMI Veteran otomatis mahir menggunakan komputer dan berbahasa Inggris.

“Penguasaan komputer dan bahasa Inggris kini sudah menjadi kebutuhan. Dengan begitu, alumni kami selain menguasai jurusan yang ditekuni, juga punya keterampilan tambahan, yakni komputer dan bahasa Inggris,” tutur Direktur AMI Veteran Makassar, Arifin H A Majid SE MT, kepada “Demos” di ruang kerjanya, belum lama ini.

Untuk menunjang program penguasaan kedua bidang keterampilan tersebut, AMI Veteran yang berdiri sejak 23 September 1963 dan telah menelurkan sekitar 4.000 alumni, melengkapi fasilitasnya dengan membuka Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Perpustakaan, serta Ruang Internet. Sementara untuk perkuliahan, AMI Veteran kini memiliki kampus berlantai dua di Jl. Nuri Baru Makassar dengan luas tanah 5.216 M2.

Fasilitas lain yang dimiliki yaitu bengkel (workshop), engine hull, laboratorium mesin. laboratorium listrik dan elektronika, laboratorium navigasi, ruang menjaka peta, laboratorium bahari dan tali-temali, serta sarana olahraga.

Selain melengkapi fasilitas sesuai kebutuhan dan standar sebuah akademi maritim, AMI Veteran juga mempekerjakan dosen dengan kualifikasi sarjana dan magister, termasuk beberapa di antaranya yang bergelar Magister Maritim (M.Mar) dan Magister Maritim Engginering (M.Mar.E).

Dengan terpenuhinya standar sebuah akademi maritim, wajar kalau kemudian AMI Veteran Makassar mendapatkan APPROVAL atau pengesahan pemenuhan Standar Internasional (IMO) dan Akreditasi “B” dari BAN PT, pada Februari 2004.

Akademi yang diresmikan oleh Menteri Perhubungan Laut, Ir Abdul Muthalib dalam sebuah upacara meriah pada 23 September 1963 bertepatan dengan Hari Bahari Nasional itu, kini merupakan akademi maritim swasta terbaik di kawasan timur Indonesia.

Alumni AMI Veteran sebagian besar bekerja di kapal laut (nasional dan asing), sedangkan yang lainnya bekerja di darat seperti di Kantor Pelabuhan dan Kantor Perhubungan Laut (Syahbandar).

“Tetapi ada juga alumni kami yang terjun ke dunia politik dan ada yang menjadi pejabat eksekutif,” ungkap Arifin.

Saat ini ada dua alumni AMI Veteran Makassar yang menjabat Ketua DPRD, yakni Ince Adnan Mahmud (Ketua DPRD Kota Makassar dari Partai Golkar), serta Ketua DPRD Tarakan, Kalimantan Timur.

Ektrakurikuler

Selain perkuliahan teori dan praktek, para taruna dan taruni AMI Veteran Makassar juga diberi kesempatan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, yakni drum band, kolone senapan, dan latihan bela Negara. (asnawin)

1 komentar:

  1. kenapa banhunannya masi kurang..........??????????????

    BalasHapus