Selasa, 26 Agustus 2008

Sulsel Targetkan 350.000 Wisatawan


Sulsel Targetkan 350.000 Wisman

Program Lovely December yang dicanangkan Pemprov Sulsel bertujuan mempercepat pertumbuhan pariwisata Toraja sebagai Lokomotif Pariwisata Sulsel melalui multi event budaya dan pariwisata.
Tujuan lain, menata dan menguatkan dukungan pembangunan pariwisata Toraja dan sekitarnya dengan model trickledown effect yang mampu menggerakkan semua lini, karena melalui pariwisata diyakini mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah.
“Program ini juga ingin menjadikan Toraja sebagai the cheapest destination in the world untuk menarik minat wisatawan datang berkunjung, dimana pemerintah berperan memberikan subsidi sehingga paket wisata Toraja bisa bersaing,” tutur Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Ama Saing, kepada “Demos”, medio Agustus 2008.
Yang tak kalah pentingnya, program Lovely December bertujuan menciptakan kalenderisasi event pariwisata 2008-2013 Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, sehingga memudahkan dalam penyiapan pembiayaan dan promosi serta pelaksanaannya.
Sasaran awal 2008 yang ingin dicapai adalah 30.000 wisatawan mancanegara ke Tana Toraja dengan lama tinggal rata-rata 3 hari dan pengeluaran Rp 200.000 per hari per orang.
Sedangkan sasaran akhir adalah share Sulawesi Selatan dalam menerima kedatangan wisatawan mancanegara sebesar 5% dari total target nasional tahun 2008. Target nasional sebesar 7 juta orang, sedangkan Pemprov Sulsel menargetkan 350.000 orang wisman yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2013 dengan lama tinggal rata-rata 4 hari dan pengeluaran sebesar US $ 85 per hari per orang.
“Melalui ‘Toraja Plus’, distribusi kunjungan wisatawan akan merata ke semua kabupaten dan kota se Sulawesi Selatan, sehingga mampu memacu pertumbuhan ekonomi di daerah ini,” papar Ama.
Motto program Lovely December yaitu “Warmness, Hospitality, Beauty, Safety, Attractive, Unforgettable”, sedangkan temanya “Lovely December”. Sub tema meliputi Lovely Toraja from the Highland dengan Cluster I Toraja dan sekitarnya (budaya dan Ecotourism), Glittering Makassar in the centre, dengan Cluster II Makassar dan sekitarnya (MICE dan Ecotourism), Beautiful Selayar to the South, dengan Cluster III Selayar dan sekitarnya (Marine dan Ecotourism Product), serta Lake & Ecotourism, dengan cluster khusus Luwu Timur. (asnawin)-- Tabloid Demos, Agustus 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar