Selasa, 13 Juli 2010

Spanyol Juga Tim Terbersih

Spanyol Juga Tim Terbersih

Oleh: Viola Kurniawati
pialadunia.detiksport.com (http://pialadunia.detiksport.com/read/2010/07/12/130010/1397463/439/spanyol-juga-tim-terbersih)
Senin, 12/07/2010

Jakarta - Sedikitnya tiga penghargaan utama dimenangi Spanyol. Selain piala yang diperebutkan semua tim dan titel kiper terbaik, skuad 'Matador' juga terpilih sebagai tim terbaik dalam hal Fair Play.

Adalah trofi FIFA Fair Play Award yang juga dibawa pulang oleh Spanyol. Mereka tercatat hanya mendapatkan delapan kartu kuning tanpa kartu merah dari tujuh pertandingan, dari laga pertama sampai final.

Gerard Pique dkk bahkan mencatat rekor bersih sempurna dengan tidak pernah sekalipun diganjar kartu kuning di babak grup. Kartu kuning pertama mereka didapat oleh Xabi Alonso di laga melawan Portugal di babak 16 besar.

Kartu kuning terbanyak yang diterima oleh La Furia Roja adalah pada laga final tadi malam, atau Senin (12/7/2010) dinihari WIB, dengan jumlah lima.

Kebalikannya, Belanda yang menjadi runner up adalah tim yang mengoleksi kartu kuning paling banyak sepanjang Piala Dunia tahun ini. Dari tujuh laga, pemain-pemain mereka diacungkan kartu kuning 22 kali, plus satu kartu merah untuk John Heitingi di laga puncak.

Bagi Spanyol ini adalah kali keda mereka dianugerahi FIFA Fair Play Award. Empat tahun lalu mereka meraih penghargaan yang sama bersama Brasil, dengan koleksi 6 kartu kuning saja di empat pertandingan -- Spanyol tersingkir di babak 16 besar dari Prancis.

Catatan lain, Brasil merupakan tim yang paling 'bersih' dengan rekor empat kali mendapat penghargaan ini sejak diadakan pertama kali pada tahun 1978. Sementara Argentina merupakan negara pertama yang meraih penghargaan ini.

FIFA Fair Play Award melengkapi dua trofi lain yang di bawah pulang skuad Vicente del Bosque ke 'Negeri Matador'. Selain piala kejuaraan, kapten mereka, Iker Casillas, memenangi Golden Glove Award sebagai kiper terbaik. (a2s/krs)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar