Serba Pertama di Piala Dunia 2010

Serba Pertama di Piala Dunia 2010


Untuk kali pertama Piala Dunia diselenggarakan di tanah Afrika, tepatnya di Afrika Selatan. Selama gelaran berlangsung, serangkaian kejadian "yang pertama" pun bermunculan. Apa saja?

Hasil pertama
- Slovenia dan Yunani sama-sama meraih kemenangan pertama di Piala Dunia saat berlaga di Afsel. Slovenia menundukkan Aljazair 1-0 sementara Yunani menang 2-1 atas Nigeria.
- Jepang untuk kali pertama meraih kemenangan saat Piala Dunia tak digelar di negaranya sendiri, usai mengalahkan Kamerun 1-0.
- Selandia Baru dapat poin pertamanya di Piala Dunia setelah main 1-1 lawan Slovakia.

Gol pertama
- Dimitrios Salpingidis adalah pencetak gol pertama Yunani di Piala Dunia setelah dia bikin gol ke gawang Nigeria yang membuat kedudukan jadi 1-1 --skor akhir 2-1 untuk Yunani.
- Daniel Agger juga membuat capaian tersendiri meski tak positif. Bek Denmark tersebut bikin sebuah gol bunuh diri saat menghadapi Belanda. Ini gol bunuh diri pertama negaranya di sebuah ajang besar.
- Didier Drogba menjadi pemain Afrika pertama yang bikin gol ke gawang Brasil dalam enam pertemuan 'Tim Samba' dengan tim-tim asal benua Afrika.
- Michael Bradley yang bermain untuk Amerika Serikat menjadi pemain pertama yang bisa bikin gol saat dilatih sang ayah, Bob Bradley. Bradley jr membuat gol ke gawang Slovenia.

Penalti pertama
- Vladimir Stojkovic menjadi kiper pertama Serbia yang bisa menggagalkan tendangan penalti lawan di Piala Dunia setelah dia menahan sepakan Lukas Podolski dari Jerman.
- David Villa menjadi pemain Spanyol pertama yang gagal menyarangkan bola dari titik putih di setelah tak bisa mengeksekusi tendangan penalti melawan Honduras.
- Iker Casillas menjadi kiper pertama yang bisa menggagalkan tendangan penalti di Piala Dunia berbeda. Pada tahun 2002, kiper Spanyol itu mementahkan sepakan Ian Harte dari Republik Irlandia dan kini mencegah tendangan Oscar Cardozo (Paraguay) masuk ke dalam gawangnya.
- Gyan Asamoah menjadi pemain pertama yang gagal menyarangkan bola dari titik putih di dua edisi berbeda Piala Dunia. Empat tahun lalu Gyan gagal saat melawan Republik Ceko, kini dia gagal saat menghadapi Uruguay.

Pemain pertama
- Cuauhtemoc Blanco boleh menepuk dada karena kini dia menjadi pemain timnas Meksiko pertama yang mencetak gol di tiga putaran final Piala Dunia berbeda.
- Rigobert Song dari Kamerun menjadi pemain Afrika pertama yang tampil di empat gelaran Piala Dunia.
- Sani Keita dari Nigeria dan Valon Behrami asal Swiss menjadi pemain pertama dari negaranya masing-masing yang mendapat kartu merah di putaran final Piala Dunia. Keita dikartu merah saat melawan Yunani sedangkan Behrami saat menghadapi Chile.

Lolos & tak lolos pertama
- Paraguay lolos ke perempatfinal untuk kali pertama dalam sejarah.
- Italia untuk kali pertama tak lolos dari fase grup tanpa pernah menang satu kali pun --Italia memang pernah tak lolos dari fase grup, tapi masih bisa memenangi setidaknya satu partai.
- Afsel menjadi tuan rumah pertama Piala Dunia yang tereliminasi di fase grup.

Tim pertama
- Kesuksesan Chile menang 1-0 atas Honduras dan Swiss menjadi kemenangan pertama mereka di Piala Dunia yang digelar di luar Amerika Selatan.
- Aljazair mencatatkan cleen sheet pertama mereka di ajang global setelah menahan imbang Inggris 0-0.
- Paraguay untuk kali pertama lolos sebagai juara grup.
- Belanda memenangi tiga laga fase grupnya. Ini capaian pertama dalam sejarah sepakbola mereka.
- Spanyol untuk kali pertama menjejak final Piala Dunia. Capaian manis ini diteruskan dengan menjadi juara.
- Spanyol menjadi tim juara pertama di Piala Dunia yang kalah pada laga pembuka.

Demikian seperti dikutip dari pialadunia.detiksport.com (http://pialadunia.detiksport.com/read/2010/07/13/122520/1398187/439/yang-pertama-di-piala-dunia-2010) yang juga melansir dari situs FIFA.

Komentar

Pos populer dari blog ini

Kode Etik Jurnalistik PWI (Persatuan Wartawan Indonesia)

Mengenang Tiga Tahun Wafatnya Pedoman Rakyat