Blog Grup Pedoman Rakyat

Rabu, 11 November 2009

SMP 2 Jayapura Juara Kid Witness News

SMP 2 Jayapura Juara Kid Witness News 2009

-Video Karya Siswa dari SMP Negeri 2 Jayapura Juara

Setelah secara resmi diluncurkan di Jakarta pada 23 Juli 2009 lalu, akhirnya Kid Witness News (KWN) Indonesia 2009 memasuki tahap final. Pada hari Selasa (10/11) diumumkan para pemenang KWN, ajang kompetisi pembuatan video singkat untuk pelajar SD dan SMP se-Indonesia yang berusia 10 – 15 tahun, dimana pada tahun ini bertema “Negeriku, Budayaku & Lingkungan Hidup”.

Di Indonesia, KWN pertama kali diselenggarakan pada 2004, dan tahun ini adalah kompetisi yang ke-6 kalinya.

Memasuki babak puncak, dewan juri yang terdiri dari para pakar di bidangnya melakukan penilaian yang cukup alot guna menentukan para pemenang KWN 2009 Indonesia.

Akhirnya berhasil diputuskan, peraih Juara Nasional KWN tahun ini adalah wakil dari SMPN 2 Jayapura, Provinsi Papua, dengan karya video dokumenter berjudul "Upacara Bakar Batu di Lembah Baliemku."

Sebagai Juara Nasional, tim dari provinsi paling timur Bumi Pertiwi itu berhak meraih
hadiah berupa piala KWN dan piagam, serta perjalanan gratis mengikuti Perayaan Kontes Regional di Singapura, yang akan berlangsung pada Desember 2009 mendatang. Selain itu, mereka juga akan menjadi wakil di Kejuaraan KWN Tingkat Global yang akan berlangsung di Tokyo (Jepang) tahun depan, bila mereka berhasil mengukir prestasi di tingkat regional.

Terpilih sebagai Runner Up 1 adalah video dokumenter karya siswa SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta, dengan judul karya "Kearifan Lokal Desa Pinggir Kelurahan Telukan."

Selanjutnya, video karya siswa SMPN 4 Surakarta dengan judul karya "Ibuku Seorang Buruh Batik" meraih juara Runner Up 2. Sedangkan untuk posisi Runner-Up 3 diraih oleh SD Jubilee Jakarta, dengan karya mereka yang berjudul "Wayang Kulit". Keempat sekolah tersebut berhasil menyisihkan sekitar 700 sekolah yang mengirimkan karyanya.

Sebelumnya pihak Dewan Juri telah memutuskan karya yang masuk tahapan 10 besar, yaitu dari SMPN 2 Jayapura berjudul "Upacara Bakar Batu Di Lembah Baliemku", SMPN 4 Surakarta berjudul "Ibuku Seorang Buruh Batik", SD Salman Al Farisy Bandung berjudul "Lestarikan Legong."

SMPN 173 Jakarta berjudul "Kami Bisa, Hal Kecil Menyelamatkan Lingkungan", SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta berjudul "Kearifan Lokal Desa Pinggir Kelurahan Telukan", SD Jubilee Jakarta berjudul "Wayang Kulit", SMPN 4 Pekanbaru berjudul "Mengenal Lebih Dekat", SD Islam Dian Didaktika berjudul "Butterfly", SMPN 1 Depok "Seruni Sahabatku Dari Baduy" dan SMP Nasima Semarang "Berburu Suweg Raksasa
Dan Sampah Demi Sekolah."

Para wakil siswa dari 10 sekolah dengan storyline terbaik tersebut lalu diundang ke Jakarta untuk mengikuti training intensif yang berlangsung selama 3 hari (1-3 Oktober 2009).

Mereka mendapatkan training dan pelatihan pembuatan video dari PGI dan Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Asistensi IKJ dibutuhkan untuk bisa memberikan sentuhan estetis pada setiap karya para peserta sehingga mereka bisa melahirkan karya monumental dan menjadi kebanggaan bangsa.

Masing-masing sekolah yang masuk "10 Besar" mendapatkan hadiah berupa camera e-cam VDR-D50 dari Panasonic. Selain itu, Panasonic juga menyediakan berbagai perlengkapan produksi bagi 10 storyline yang mereka susun.

Dewan juri KWN 2009 di antaranya adalah Istiqlal Taufik (HRS Director PGI), Subagjo Budisantoso (Wakil Dekan bidang Kerjasama IKJ), Brigitta Isworo Laksmi (wartawan senior), Titin Rosmasari (Pemimpin Redaksi Trans7), Ari Budiharto (Manager Trainer iBOx), Albar Daengparani (Manager Sales & Support PT Senjaya Bersama Utama) dan Israr Ardiansyah (Media Outreach Coordinator WWF-Indonesia).

"Tujuan utama kami menggelar Kid Witness News di Indonesia adalah untuk menstimulasi kreativitas di kalangan para siswa dan memunculkan kemampuan berkomunikasi di antara mereka. Selain itu, ajang ini ditujukan untuk menciptakan kerja sama tim di antara para siswa dalam mengerjakan tugas di lapangan dan aktivitas lain terkait dengan pembuatan film tersebut," tutur Istiqlal Taufik HRS Director PT. Panasonic Gobel Indonesia (PGI).

"Oleh karena itu kami berupaya menyediakan wadah untuk mengasah sisi pendidikan anak lewat berbagai program yang menarik, termasuk KWN. Kami yakin KWN dapat menstimulasi daya inovasi, pemahaman, kreativitas dan analisa para pesertanya," tambah Istiqlal.

Tahun ini, Panasonic Indonesia sebagai penyelenggara resmi KWN 2009 menerima hampir 700 naskah dari berbagai sekolah di seluruh Indonesia.

"Jumlah ini meningkat sekitar 15% dibandingkan tahun lalu, dimana jumlah peminat yang
masuk hanya 500 naskah," tutur Santi Turino, Corporate Communications Manager PT. Panasonic Gobel Indonesia (PGI). Namun sayang, beberapa dari 700 naskah yang masuk tahun ini terpaksa harus didiskualifikasi, karena gagal memenuhi syarat administrasi yang diminta oleh panitia.

Aspek penjurian video terdiri dari 5 bidang, yakni (1) Aspek penulisan meliputi kreativitas, orisinalitas, dan kandungan lokal; (2) Aspek Videografi meliputi kualitas gambar, fokus objek, tata cahaya dan warna; (3) Aspek Suara meliputi kejelasan suara, kemampuan narasi, efek suara dan musik; (4) Aspek Editing meliputi harmonisasi dalam penggabungan klip-klip, efek visual, dan tampilan terjemahan dalam bahasa Inggris; (5) Aspek komprehensif meliputi kejelasan dan akurasi tema.

Dengan training yang telah diberikan oleh masing-masing ahlinya, pihak penyelenggara berkeyakinan bahwa Indonesia dapat meraih juara Grand Prix dalam Kejuaraan KWN Tingkat Global yang akan berlangsung di Tokyo (Jepang) tahun depan.

Di tahun yang ke-enam ini, KWN Indonesia lebih serius untuk mendapatkan bibit-bibit kreatif baru, dengan mendatangi sekolah-sekolah di Jabodetabek, dan menyebarkan materi promosi sampai ke luar Jawa. Selain mendapatkan dukungan dari para mitra yang berdedikasi dan kompeten, seperti Institut Kesenian Jakarta (Fakultas Film & Televisi), Trans 7, iBox, WWF Indonesia, dan PT. Senjaya Bersama Utama.

“Harapan kami, melalui kerja bareng dengan para mitra yang berdedikasi dan berkompeten ini, kami bisa terus meningkatkan kualitas KWN Indonesia, hingga bisa setara atau jauh lebih bagus dibandingkan dengan negara-negara maju lain,” jelas Santi.

Kontes tahun ini bertemakan “Negeriku, Budayaku, & Lingkungan Hidup”. Harapan dari panitia, para peserta bisa menampilkan karya bernuansa seni budaya Indonesia yang beraneka ragam, dengan subtema yang dipilih adalah “Lihat Sekitarmu dan Ceritakan pada Dunia”.

Menurut Subagjo Budisantoso, pengajar IKJ sekaligus salah satu juri KWN Indonesia 2009, “Indonesia kaya akan seni budaya, dimana tiap daerah punya ciri khas masing-masing.

Berbagai aktivitas seni budaya warisan leluhur perlu kita lestarikan. Ini sebuah langkah positif untuk bisa kita perlihatkan kepada dunia. Lewat KWN ini, kami yakin anak-anak Indonesia bisa menyajikan karya mereka untuk mendukung pelestarian seni budaya Indonesia yang adiluhung”.

KWN Indonesia 2009

Persyaratan untuk mengikuti KWN 2009, satu kelompok peserta terdiri dari 2-10 siswa dan didampingi seorang guru pembimbing. Pada tahap awal seluruh peserta dari seluruh kota di Indonesia akan dikompetisikan untuk membuat storyline/naskah/ jalan cerita yang kemudian oleh tim juri dari seluruh partner akan disaring (screening) menjadi 10 storyline terbaik dan kemudian mereka akan mendapatkan training dan pelatihan pembuatan video dari PGI dan Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Pelatihan IKJ diberikan bertujuan bukan sekadar memberikan kemampuan para finalis untuk memberikan sentuhan estetis pada setiap karyanya akan tetapi harapannya adalah agar mereka bisa melahirkan karya monumental dan menjadi kebanggaan bangsa.

Tahapan berikutnya, bagi peserta yang lolos 10 besar, Panasonic memberikan hadiah berupa masing-masing 1 unit Panasonic E-Cam VDR-D50 dan menyediakan berbagai perangkat produksi lengkap, guna mendukung mereka dalam memproduksi karya video yang berkualitas tinggi.

Aspek penjurian video terdiri dari 5 bidang, yakni (1) Aspek penulisan meliputi kreativitas, originalitas, dan kandungan lokal; (2) Aspek Videografi meliputi kualitas gambar, fokus objek, tata cahaya dan warna.

(3) Aspek Suara meliputi kejelasan suara, kemampuan narasi, efek suara dan musik; (4) Aspek Editing meliputi harmonisasi dalam penggabungan klip-klip, efek visual, dan tampilan terjemahan dalam bahasa Inggris; (5) Aspek komprehensif meliputi kejelasan dan akurasi tema.

Susunan Dewan Juri KWN tahun ini di antaranya adalah Istiqlal Taufik (HRS Director PGI), Subagjo Budisantoso (Wakil Dekan bidang Kerjasama IKJ), Brigitta Isworo Laksmi (wartawan senior Kompas), Titin Rosmasari (Pemimpin Redaksi Trans 7), Ari Budiharto (Manager Trainer iBOx), Albar Daengparani (Manager Sales and Support PT Senjaya Bersama Utama) dan Israr Ardiansyah (Media Outreach Coordinator WWF-Indonesia) .

Karya peserta kompetisi KWN dalam format video berdurasi maksimal 5 menit dengan berbagai alternatif konten, antara lain film dokumenter, reportase, drama, animasi kartun, dan materi kreatif lainnya. Seluruh pengambilan gambar menggunakan Panasonic Camera dan hasil video direkam dalam DVD Panasonic. Transkrip ucapan bahasa Indonesia dan diterjemahkan dalam teks berbahasa Inggris.

Sekilas tentang KWN

Penyelenggaraan KWN dimulai pada tahun 1989 oleh Panasonic Amerika Serikat. Kemudian menyebar ke negara lain di Eropa, Asia dan Jepang. Hingga saat ini, tidak kurang dari 10.000 pelajar dari 626 sekolah di 24 negara telah berpartisipasi dalam program tahunan tersebut.

Di Indonesia, KWN pertama kali diselenggarakan pada 2004. KWN dirancang sebagai program untuk meningkatkan kreatifitas dan kerjasama para siswa. Dengan bimbingan para gurunya, dari KWN ini diharapkan para siswa bisa meningkatkan kepekaan mereka terhadap lingkungan dan tempat tinggal mereka.

Untuk keterangan lengkap KWN Global, silakan klik ke http://panasonic. net/kwn dan KWN Indonesia ke www.panasonic. co.id atau www.kwn-id.com.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Santi Turino
Corporate Communications Manager – PT. Panasonic Gobel Indonesia
Jl. Dewi Sartika 14 (Cawang II), Jakarta 13630
Phone : +62-21-8090108 ext.2601
Fax : +62-21-80883504
e-mail : santi.s@id.panasoni c.com

Radityo Djadjoeri
Bizzcomm
Mobile: 0817-9802250
E-mail: mediacare@cbn. net.id

2 komentar:

  1. голые трахаются
    сиськи блестящих
    бесплатное видео гинеколога
    15летние девочки трахаются
    бесплатное видео лесбиянок просмотр

    BalasHapus
  2. http://markonzo.edu So where it to find?, actual ashley furniture [url=http://jguru.com/guru/viewbio.jsp?EID=1536072]actual ashley furniture[/url], kgbcgb, watch allegiant air [url=http://jguru.com/guru/viewbio.jsp?EID=1536075]watch allegiant air[/url], crinqv, best pressure washers [url=http://jguru.com/guru/viewbio.jsp?EID=1536078]best pressure washers[/url], 30714, follow dishnetwork [url=http://jguru.com/guru/viewbio.jsp?EID=1536080]follow dishnetwork[/url], 825, fresh adt security [url=http://jguru.com/guru/viewbio.jsp?EID=1536076]fresh adt security[/url], bgurbu,

    BalasHapus