Blog Grup Pedoman Rakyat

Selasa, 07 Agustus 2012

Dua Wakasek Terpilih Jadi Ketua RT



DUA KANDIDAT calon Ketua ORW IV Kompleks Berlian Indah Pallangga, Desa Jenetallasa, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Basri Pabottingi (kiri) dan Asnawin, duduk berdampingan, di Masjid Baitul Mu'min, Rabu, 1 Agustus 2012. Basri Pabottingi terpilih sebagai Ketua ORW IV periode 2012-2017, setelah meraih suara terbanyak pada saat pemilihan, Sabtu, 4 Agustus 2012. (ist)



Dua Wakasek Terpilih Jadi Ketua RT
- Basri Pabottingi Terpilih Ketua RW

Oleh: Asnawin

Menjadi Ketua Organisasi Rukun Tetangga (ORT) mungkin bukan sesuatu yang membanggakan, apalagi kalau RT tersebut terletak di sebuah desa, sehingga tidak banyak orang yang mau menduduki jabatan tersebut. Selain tidak ada gaji, apalagi tunjangan jabatan, seorang Ketua RT juga harus melayani puluhan bahkan ratusan masyarakat dengan segala tetek-bengek permasalahannya.

Hanya karena panggilan jiwalah, seseorang bersedia menjadi Ketua RT, apalagi kalau seseorang tersebut ternyata menduduki jabatan tertentu di instansi atau perusahaan tempatnya bekerja. Dan itulah yang dialami Syamsuddin SPd MPd dan Ruslan Djaya SPd.

Syamsuddin dan Ruslan Djaya sehari-hari menjabat Wakil Kepala Sekolah di sekolah masing-masing. Syamsuddin Dg Tompo menjabat Wakasek di SMA Negeri 11 Makassar, sedangkan Ruslan Djaya Dg Tawang menjabat Wakasek SMP Negeri 4 Gowa.

Keduanya sama sekali tidak punya ambisi, bahkan cenderung menolak menjadi Ketua RT, tetapi karena warga yang menginginkan, maka keduanya dengan sukarela menerima amanah tersebut. Syamsuddin menjabat Ketua RT A periode 2012-2017 Kompleks Perumahan Berlian Indah Pallangga, Desa Jenetallasa, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, sedangkan Ruslan Djaya menjabat Ketua RT D di perumahan yang sama.

"Ini adalah kerja amal," kata Ruslan, kepada penulis.

Pemilihan Ketua RT dilangsungkan bersamaan dengan pemilihan Ketua RW, di halaman masjid Baitul Mu'min, Sabtu, 4 Agustus 2012. Pada pemilihan Ketua RT A, Syamsuddin meraih 26 suara, sedangkan saingannya, Samsul Rizal (dosen) mendapatkan 17 suara.

Di RT B, Baso Asasila Dg Ngasa (pegawai negeri sipil) terpilih menjadi ketua setelah meraih 42 suara, sementara kandidat lainnya, Ibrahim hanya meraih 9 suara.

Syamsir (guru SD) yang terpilih kembali sebagai Ketua RT C, meraih dukungan 62 suara, sementara dua kandidat lainnya, yakni Ismail Rasulong (dosen) dan Irawan Ibrahim (pegawai swasta) masing-masing mendapatkan 19 dan 6 suara.

Pada pemilihan Ketua RT D, Ruslan Djaya Daeng Tawang memperoleh 28 suara, sedangkan Tajuddin dan Baharu masing-masing meraih dukungan 5 dan 2 suara.


Masih Muda

Di tingkat lebih tinggi, Basri Pabottingi terpilih sebagai Ketua RW IV Kompleks Perumahan Berlian Indah Pallangga, setelah meraih 153 suara. Peraih suara terbanyak kedua ditempati Suhardi dengan 40 suara, menyusul M Arif Masjkur dengan 17 suara, dan Asnawin dengan 6 suara.

Basri Pabottingi sebenarnya masih tergolong muda, karena usianya belum genap 40 tahun. Pria asal Kabupaten Bulukumba dan berprofesi sebagai pengusaha ini lahir pada tahun 1974. Pada pemilihan Ketua RW dan Ketua-ketua RT Kompleks Perumahan Berlian Indah Pallangga, Basri kebetulan memang dipercaya sebagai Ketua Panitia.

"Sebenarnya saya tidak ada keinginan menjadi Ketua RW, karena saya adalah ketua panitia dan usia saya juga masih tergolong muda. Banyak warga di kompleks perumahan ini yang lebih lebih senior dan lebih pantas jadi Ketua RW," ujarnya merendah.

Tiga calon ketua RW lainnya juga tidak ada yang berambisi menjadi ketua, bahkan semua kandidat meminta kepada warga agar tidak memilih dirinya. Penulis yang juga diusulkan sebagai salah satu kandidat Ketua RW, justru berkampanye untuk kandidat lain.

"Mungkin kompleks ini bisa dijadikan sebagai percontohan demokrasi dan bisa dijadikan sebagai tempat studi banding pemilihan Ketua RW dan pemilihan ketua RT, karena tidak ada kandidat yang berkampanye untuk dirinya, bahkan sebaliknya kami berkampanye untuk kemenangan lawan," kata Suhardi.    


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog Pedoman Rakyat : http://pedomanrakyat.blogspot.com]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar