Senin, 19 Mei 2008

Siaran Pers Yayasan Jantung Indonesia

PRESS RELEASE

"THE RED RUNWAY FOR
GO RED FOR WOMEN
CAMPAIGN"

Go Red For Women (Perempuan Waspadalah) adalah kampanye kesehatan
Jantung Sedunia yang dicetuskan oleh Federasi Jantung Sedunia dengan
sasaran untuk menggugah kesadaran dan kewaspadaan kaum perempuan
sedunia terhadap penyakit jantung. Kampanye yang berskala
Internasional ini juga dilaksanakan di berbagai Negara di dunia
termasuk di Indonesia melalui Yayasan Jantung Indonesia (YJI).

Berdasarkan data dan fakta, tercatat 8,5 juta kematian perempuan yang
diakibatkan penyakit jantung dan diindikasikan sebagai penyebab
kematian nomor 1 (satu) di dunia. Sedangkan untuk stroke menyerang 11%
perempuan dan 8% laki-laki sehingga setiap tahunnya 3 juta kematian
perempuan di sebabkan serangan stroke.

Di Negara berkembang termasuk Indonesia, separuh dari kematin
perempuan yang berusia diatas 50 tahun adalah penyakit jantung dan
stroke. Sekalipun untuk terkena dampak penyakit jantung koroner pada
perempuan lebih lambat 10 tahun dibanding laki-laki, namun
perbandingan antara perempuan yang telah mengalami menopause dengan
laki-laki yang mempunyai resiko penyakit jantung dan stroke kini
adalah 1:1.

Berbagai kajian di bidang kesehatan jantung dan stroke menemukan
indikasi bahwa penyakit jantung dan stroke berhubungan erat dengan
pola dan gaya hidup yang keliru dalam menyikapi hidup sehat. Pola dan
gaya hidup yang dimaksud adalah sikap dan perilaku perempuan terhadap
aktivitasnya baik dalam bekerja ataupun berolahraga, pola makan dan
gizi seimbang, kebiasaan merokok ataupun sebagai perokok pasif,
istirahat dan rekreasi juga kepekaan dalam menyikapi faktor resiko
penyakit lain yang sering diderita perempuan dimana memungkinkan bisa
berimbas pada penyakit jantung dan stroke.

Kondisi diatas tentu saja menjadi lampu merah (tanda bahaya) bagi kaum
perempuan sedunia yang kini eksistensinya diakui mempunyai potensi
strategis sebagai agen perubahan dalam pemberdayaan kualitas hidup
bangsa, baik dalam tataran teritorial maupun global, terlebih fokus
dalam lingkup keluarga dan lingkungan di sekitarnya. Potensi dan
posisi strategis ini idealnya didukung oleh kondisi kesehatannya
secara prima meski mereka berkiprah dalam berbagai aktivitas.

Di sisi lain kapasitas perempuan sebagai ibu sekaligus pendidik
generasi penerusnya diharapkan dapat mendistribusikan pesan-pesan pola
dan gaya hidup sehat sebagai daya dukung mensukseskan Indonesia Sehat
2010.

Yayasan Jantung Indonesia dalam hal ini turut berperan aktif dalam
kampanye Go Red For Women atau Perempuan Waspadalah, sejak tahun 2006
dan ditahun 2008 ini mengadakan serangkaian acara antara lain
melakukan talkshow "Seputar Gaya Hidup dan Kesehatan Jantung
Perempuan" yang diikuti oleh perempuan-perempuan dari berbagai
kalangan. Hadir dalam pembicara antara lain Ibu Miranda Goeltom, Ibu
Tatiek Fauzie Bowo, Ibu Svida Alisjahbana, dr. Amiliana, Ibu Ratih
Ibrahim dan Shahnaz Haque sebagai moderatornya. Dikesempatan itupula
Susan Bachtiar di angkat menjadi Duta program Go Red For Women Yayasan
Jantung Indonesia.

THE RED RUNWAY

Pada tanggal 17 Mei 2008, dengan didukung oleh Femina Group dan SK II
diadakanlah kampanye Go Red For Women Yayasan Jantung Indonesia dengan
tema "The Red Runway" melalui peragaan busana berwarna merah dari 11
desainer perempuan Indonesia, yang turut berkomitmen dan mendukung
kampanye tersebut yakni Carmanita, Allure Batik, Tuty Cholid, Susie
Hedijanto, Ghea, Astrie Sunindar, Patria Ramada Putri, Liliana Lim,
Susi Lucon, Lenny Augustine dan Rika Soelaiman.

Selain itu, event yang berlangsung di Atrium Senayan City dan menjadi
bagian dari rangkaian Fashionation Senayan City juga menampilkan 5
penyanyi perempuan yang tergabung dalam `5 Wanita'. Rieka Roslan, Yuni
Shara, Iga Mawarni, Andien dan Nina Tamam yang tergabung dalam 5
Wanita ini memberikan kontribusi yang cukup besar dalam
mengkampanyekan Gaya Hidup Sehat lewat performance mereka, antara lain
menyanyikan lagu berjudul "Wanita".

Dalam rangkaian acara ini juga, Yayasan Jantung Indonesia berkenan
memberikan apresiasi kepada 49 perempuan Indonesia dari berbagai
kalangan yang telah memberi dukungannya untuk turut mengkampanyekan :
Perempuan, Waspadalah !!

Jakarta ,13 Mei 2008
Yayasan Jantung Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar