Blog Grup Pedoman Rakyat

Selasa, 10 Desember 2013

Prof Andi Niartiningsih: Pengalaman Nasional, Regional, dan Internasional



BERSAMA KELUARGA. Prof Andi Niartiningsih bersama suami dan anak-anak. Meskipun selalu tampil sederhana, prestasinya sama sekali tidak sederhana. Wanita kelahiran Sinjai, 1 Desember 1961, adalah siswa teladan, mahasiswa teladan, serta lulusan terbaik. (dok. keluarga)


---------------

Prof Andi Niartiningsih: 

 

Pengalaman Nasional, Regional, dan Internasional



Tampil sederhana dan murah senyum, itulah pembawaan sehari-hari Prof Dr Ir Andi Niartiningsih MP, yang kini menjabat Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi (periode 2013-2017).

Meskipun selalu tampil sederhana, prestasinya sama sekali tidak sederhana. Ketika masih sekolah di SMP Negeri 1 Sinjai, Andi Niar–sapaan akrab Prof Andi Niartiningsih–terpilih sebagai Pelajar Teladan I SMP se-Kabupaten Sinjai tahun 1975.

Tiga tahun kemudian (1979), dirinya selaku siswa SMA Negeri 159 Sungguminasa, Gowa, terpilih sebagai Siswa Teladan I SMA se-Kabupaten gowa dan Siswa Teladan II SMA se-Sulawesi Selatan. Setelah itu, ia terpilih sebagai Mahasiswa Teladan I Fakultas Peternakan, Universitas Hasanuddin (1983), dan wisudawan terbaik Program Pascasarjana (S3) Unhas Tahun 2001.

Selesai kuliah, ia terangkat menjadi dosen Unhas. Sebelum menjabat Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (2009–2013), Andi Niar pernah menduduki jabatan Ketua Jurusan Budidaya Perikanan Politeknik Pertanian, Sekretaris Jurusan Ilmu Kelautan, Ketua Jurusan Ilmu Kelautan, serta Pembantu Dekan II Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan.

Sejak sekolah, dirinya sudah aktif berorganisasi dengan menjadi Sekretaris Umum Dewan Kerja Cabang Pramuka Kabupaten Gowa (1977–1979), kemudian aktif di organisasi kemahasiswaan internal (Unhas) dan eksternal (antara lain sebagai Sekretaris Umum Himpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia, dan Sekretaris Umum Kohati HMI, Makassar), serta berlanjut di beberapa organisasi profesi regional dan nasional.

Jabatannya di organisasi nasional, antara lain Ketua I Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia, anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Oseanologi Indonesia (ISOI), anggota Dewan Pakar ICMI Sulsel, anggota assessor nasional BAN–PT, serta anggota Ikatan Audit Teknologi Indonesia (IATI) BPPT–Kemenristek.

Sebagai dosen, Andi Niar sudah cukup berpengalaman mengikuti atau menjadi pembicara pada berbagai kursus, pelatihan, seminar, dan semacamnya, baik tingkat nasional, regional, maupun tingkat internasional.
Ibu tiga anak ini juga memiliki banyak pengalaman bekerjasama dengan berbagai institusi, terutama kegiatan penelitian, dan dirinya selalu diangkat menjadi ketua tim.

Di tingkat nasional, wanita kelahiran Sinjai, 1 Desember 1961, antara lain pernah menjadi pembawa makalah pada Konferensi Nasional III Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan Indonesia, di Denpasar, Bali, Tahun 2002, serta menjadi pembicara di berbagai seminar, workshop, dan simposium.

Pada tingkat regional dan internasional, Andi Niar antara lain pernah mengikuti kursus dalam bidang teknologi hasil perikanan dan budidaya kekerangan, di Politechnico Italiana per Sviluppata Internazionale ed Economico (PISIE), Jesi, Ancona, Italia (1989-1990).

Selain itu, ia mengikuti “All Partner Workshop in ISLE (Island Sustainability Livelihood and Equity)”, di Ilo-ilo City, Filipina (1996), serta beberapa kegiatan lainnya di Malaysia, Thailand, Jepang, Taiwan, Australia, Yordania, Kanada, dan Amerika Serikat,  

Sedikitnya ada 44 makalah dan karya ilmiah yang sudah dihasilkan Andi Niar, serta 31 karya ilmiah yang sudah dipublikasikan pada berbagai bulletin dan jurnal regional, nasional, dan internasional.

Karya ilmiahnya yang dipublikasikan pada jurnal internasional, antara lain “Survival of giant clam larvae (Tridacna squamosa) fed zooxanthellae from three source” (Phuket Marine Biological Center Special Publication, No. 25 (1) : 101-103, 2001), serta “Spawning of the Topshell (Trochus niloticus L.) Using Different Induce Methods (Torani Journal of Marine Science and Fisheries, No. 5 (Special Edition) (16) : 403 – 408, 2006). (asnawin)

--------------
@copyright Majalah Almamater, edisi ke-5, Vol.II, November 2013.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar