Blog Grup Pedoman Rakyat

Rabu, 02 Desember 2009

Wartawan Senior Said Budairy Tutup Usia

Wartawan Senior Said Budairy Tutup Usia

Antara - Selasa, 1 Desember

Jakarta (ANTARA) - Wartawan senior M Said Budairi (73) tutup usia sekitar pukul 11.00 WIB di Rumah Sakit Islam, Cempaka Putih, Jakarta, Senin.

Menurut cucu Said, Muhammad Al Kindy Susetyo, jenazah Said dimakamkan di Karawang, Jawa Barat, setelah sebelumnya disemayamkan di rumah duka Jalan Mampang Prapatan II Nomor 74 Jakarta Selatan.

Said Budairy yang lahir di Singosari Malang, Jawa Timur, pada 12 Maret l936, sempat menjabat Ketua Departemen Pendidikan/Agama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, dan Staf Khusus Hubungan Pers Wakil Presiden RI pada 2001 - 2004.

Said yang juga menjabat sebagai Ketua Informasi dan Komunikasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) tercatat pernah pula menjadi anggota DPR/MPR RI.

Selama berkarir di bidang jurnalistik, Said pernah menjabat Wakil Pemimpin Redaksi Harian Duta Masyarakat (l961-l971), bergabung di Harian Pedoman dan Pelita Jakarta, menjadi kolomnis tetap di Harian Republika, dan ombudsman Majalah PANTAU.

Said juga dikenal sebagai aktivis Nahdlatul Ulama (NU). Memulai karir organisasi sebagai anggota Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Said tercatat pernah menduduki jabatan Sekretaris Jendral PB PMII, dan Wakil Sekjen GP Ansor, direktur Lajnah Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam), dan Wakil Bendahara PBNU.

Pada tahun 1980-an ia ikut aktif dalam gerakan mengembalikan NU ke Khittah 1926 bersama KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan aktivis NU lainnya.

Di usia senjanya, Said tetap aktif menjalin komunikasi dengan berbagai pihak, termasuk melalui dunia maya.

"Sisa usia yang mudah-mudahan masih agak banyak, melalui blog ini ingin bisa bermanfaat dengan bertukar pengalaman, informasi, kelakar, dan apa sajalah. Jika berkenan, senang sekali disapa yang muda-muda," tulis Said dalam Blog-nya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar