Blog Grup Pedoman Rakyat

Selasa, 29 Oktober 2013

Geliat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Sulsel



TRIO. Ketua Kwartir Wilayah Hizbul Wathan Sulawesi Seelatan, Andi Burhanuddin Ahmad (kanan), Sekretaris Irianto Sulaiman (kiri), dan Bendahara Heryanti Alamsyah, adalah trio penggerak berbagai kegiatan Hizbul Wathan se-Sulawesi Selatan, baik untuk kegiatan tingkat qabilah, tingkat daerah, dan tingkat wilayah, maupun kegiatan tingkat nasional. (ist)


 



-----------------


Geliat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Sulsel


Oleh: Asnawin
(Pengurus Muhammadiyah Sulsel)

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kwartir Wilayah Sulsel (HW Sulsel) dalam beberapa bulan terakhir sangat aktif melakukan konsolidasi, menggerakkan kegiatan, dan atau melaksanakan berbagai kegiatan, baik tingkat wilayah, daerah, hingga tingkat qabilah di kampus-kampus dan sekolah-sekolah.

Geliat HW Sulsel mulai terlihat dan terasa sejak mereka melaksanakan Rapat Kerja Wilayah ke-2, di JL Star Hotel, Kawasan Boulevard Makassar, Sabtu, 30 Maret 2013.

Rakerwil yang dihadiri Ketua Umum Kwartir Pusat Hizbul Wathan, Uun Harun Syamsuddin, selain mengevaluasi dan menyusun program ke depan, juga menjadi forum kebulatan tekad Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Sulawesi Selatan, untuk menjadi Tuan Rumah penyelenggaraan Jambore Nasional ke-3 Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan di Sulawesi Selatan, Juni 2015.

Setelah itu, HW Sulsel melaksanakan Jaya Melati II, di Bulukumba, Juni 2013. Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel KH Alwi Uddin hadir langsung memberikan motivasi pada acara Jaya Melati II yang pelaksanaannya dipusatkan di kampus STKIP Muhammadiyah Bulukumba.

Pada awal Juli 2013, beberapa kader HW Sulsel mengikuti Kursus Jaya Matahari I Angkatan ke-2 Pandu Hizbul Wathan, di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Pelatihan Jaya Matahari I yang dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Din Syamsuddin, diikuti para Pelatih Pandu/Pelatih Qabilah (yang telah memiliki sertifikat Jaya Melati II, serta telah mengembangkan Rencana Tindak Lanjut dan menyerahkan bukti pengembangan minimal enam bulan setelah mengikuti Jaya Melati II).

Pengurus HW Sulsel terus menggeliat dengan mempersiapkan diri mengikuti Jaya Matahari II Angkatan Ke-1 di Bali, 23-29 Desember 2013, dan Jambore Nasional Ke-3, di Makassar, Juni 2015.

Persiapan dilakukan antara lain dengan mengadakan pertemuan atau Orientasi Jaya Matahari II di RSIA Sitti Khadijah III Muhammadiyah, Makassar, Jumat, 4 Oktober 2013, yang dihadiri oleh Ramanda Ajie Subur dari Kwartir Pusat Hizbul Wathan.

Pada Senin, 28 Oktober 2013, Ketua Kwartir Wilayah Hizbul Wathan Sulsel, A Burhanuddin Ahmad, bersama Sekretaris Irianto Sulaeman, dan Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel Dr Mustari Bosra, berkunjung ke Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, untuk membentuk pengurus baru Kwartir Daerah Hizbul Wathan Bone dan Qabilah Hizbul Wathan STKIP Muhammadiyah Bone.

Kehadiran mereka di Bone sekaligus menyemangati para pengurus Muhammadiyah, pengurus Ortom Muhammadiyah, dan pengelola amal usaha Muhammadiyah yang tengah mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Milad ke-104 Muhammadiyah tingkat wilayah Sulsel, pertengahan Desember 2013. 

Dalam beberapa kesempatan berbincang-bincang, Sekretaris HW Sulsel Irianto Sulaeman, mengaku bersyukur karena kepengurusan Hizbul Wathan Sulsel di bawah kepemimpinan Andi Burhanuddin Ahmad, terasa bergairah dan nyaris tak pernah berhenti melaksanakan kegiatan, baik di Kota Makassar, maupun di berbagai daerah se-Sulsel.

Besarnya motivasi para pengurus Kwartir Wilayah Hizbul Wathan Sulsel, pengurus Kwartir Daerah, dan pengurus Qabilah se-Sulsel, terutama disebabkan adanya tantangan untuk meramaikan dan menyukseskan Muktamar Muhammadiyah Tahun 2015, di Makassar.

Selamat dan sukses buat para pengurus dan kader Muhammadiyah yang berhimpun di Hizbul Wathan se-Sulawesi Selatan.

-----------------------
[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan Anda di blog "Pedoman Rakyat"]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar