Blog Grup Pedoman Rakyat

Minggu, 15 Mei 2011

Berjemur di Pantai Losari Demi Kesehatan Tulang


BERJEMUR DI LOSARI. Ada pemandangan unik yang saya temukan saat berjalan-jalan bersama keluarga dan tetangga di Pantai Losari, Makassar, Minggu pagi, 15 Mei 2011. Bukan karena Pantai Losari penuh sesak oleh warga yang entah berasal dari mana dan memang kelihatannya banyak sekali kegiatan pada hari itu, melainkan karena ada seorang lelaki bertelanjang dada sedang duduk bersila sambil berjemur di bawah terik matahari pagi. (Foto: Asnawin)

--------------

Berjemur di Pantai Losari Demi Kesehatan Tulang

Oleh: Asnawin

Ada pemandangan unik yang saya temukan saat berjalan-jalan bersama keluarga dan tetangga di Pantai Losari, Makassar, pada Minggu pagi, 15 Mei 2011. Bukan karena Pantai Losari penuh sesak oleh warga yang entah berasal dari mana dan memang kelihatannya banyak sekali kegiatan pada hari itu, melainkan karena ada seorang lelaki bertelanjang dada sedang duduk bersila sambil berjemur di bawah terik matahari pagi.

Pria berkacamata itu tampak tenang membaca buku sambil duduk bersila. Ia hanya memakai celana pendek dan kaos kaki, tanpa baju atau pun topi, padahal pagi itu matahari sedang bersinar terang, sehingga tentu saja hawa terasa cukup panas.

Karena terlihat unik, saya kemudian mendekati pria tersebut lalu menyapa sambil berbasa-basi. Dari obrolan kami, terungkap bahwa pria tersebut bernama Robinson Simamora (47 tahun) dan bekerja di Bank Mandiri Jakarta.

''Saya kebetulan ada tugas selama satu bulan di Makassar,'' jelas ayah tiga anak itu.

Ia mengaku sudah rutin berjemur badan pada pagi hari sejak tahun 2000. Itu dilakukan untuk memperkuat tulang-tulangnya.

''Dari berbagai buku yang saya baca, ternyata pro-vitamin D yang ada dalam tubuh kita bisa berubah menjadi vitamin D, dan kemudian vitamin D itu berubah menjadi kalsium yang berfungsi memperkuat tulang (mencegah osteoporosis) dengan cara berjemur di bawah terik matahari pagi sebelum jam sembilan. Cukup satu jam sehari dan cukup sekali dalam seminggu,'' ungkap Robinson.


Selain berjemur, Robinson juga rutin melakukan joging, yakni minimal tiga kali dalam seminggu.

''Jogingnya minimal 30 menit sehari,'' kata pria yang tampak lebih muda dari usianya itu.

Dengan seizinnya, saya kemudian memotret dua kali dan kemudian membuat tulisan ini di internet. Sebelum berpisah, kami sempat bertukar nomor dan bersalaman.

Rombongan Gubernur

Oh ya, sebelum meninggalkan Pantai Losari, kami sempat berpapasan dengan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang melintas bersama sejumlah anggota rombongan komunitas pembalap sepeda. Beberapa anggota rombongan tersebut antara lain Kepala Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulsel, Annas GS, dua mantan anggota DPRD Sulsel Khaerul Tallu Rahim dan Susilo MT Harahap, serta pengusaha Peter Gozal.

Annas GS yang mantan Karo Humas dan Protokol Pemprov Sulsel sempat menyapa saya sambil tersenyum.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar