Blog Grup Pedoman Rakyat

Kamis, 29 Mei 2014

Mengenal Prabowo Subianto (1): Profil Pribadi, Isteri, Anak, dan Orangtua



Nama Prabowo Subianto atau lebih lengkapnya Prabowo Subianto Djojohadikusumo, sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namanya semakin meroket setelah pria kelahiran Jakarta, 17 Oktober 1951, maju sebagai calon Presiden RI pada Pemilu Presiden 2014, berpasangan dengan Hatta Radjasa. (int)







-------------

Mengenal Prabowo Subianto (1): 


Profil Pribadi, Isteri, Anak, dan Orangtua



Oleh: Asnawin

Pengantar:
Nama Prabowo Subianto atau lebih lengkapnya Prabowo Subianto Djojohadikusumo, sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namanya semakin meroket setelah pria kelahiran Jakarta, 17 Oktober 1951, maju sebagai calon Presiden RI pada Pemilu Presiden 2014, berpasangan dengan Hatta Radjasa. Untuk mengenal siapa dan bagaimana sepak terjang Prabowo Subianto, berikut beberapa tulisan bersambung yang saya ramu dari berbagai sumber.

***
 
Prabowo Subianto Djojohadikusumo (purnawirawan Letnan Jenderal TNI), yang lahir di Jakarta, pada 17 Oktober 1951, adalah seorang tokoh militer dan tokoh politik Indonesia.

Ia adalah mantan perwira tinggi TNI Angkatan Darat. Ia pernah menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dengan pangkat Mayor Jenderal, dari bulan Desember 1995 hingga Maret 1998.

Setelah itu, ia dipromosikan menjadi Panglima Kostrad (Pangkostrad) dengan pangkat Letnan Jenderal. Namun, baru dua bulan menjabat, ia diberhentikan pada bulan Mei 1998 oleh Presiden BJ Habibie.

Setelah tak aktif lagi dalam dinas militer, ia menjadi pengusaha, dan kemudian mulai aktif dalam politik dengan mendirikan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Ia mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2009, mendampingi Megawati Soekarnoputri dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sayangnya, pasangan ini hanya berhasil meraih sekitar 26,79% dari suara nasional dan gagal terpilih.

Pada Pemilu Presiden Indonesia 2014, ia maju sebagai calon presiden bersama calon wakil presiden Hatta Rajasa (Ketua Umum DPP PAN/Partai Amanat Nasional).


-----------------
Prabowo Subianto (berdiri di tengah), foto bersama ibu dan saudara-saudaranya. (int)
---------



Kehidupan pribadi

Prabowo adalah putra dari pasangan Soemitro Djojohadikusumo (yang merupakan begawan ekonomi Indonesia) dan Dora Marie Sigar, atau lebih dikenal dengan nama Dora Soemitro.

Ia juga merupakan cucu dari Raden Mas Margono Djojohadikusumo, anggota BPUPKI, pendiri Bank Negara Indonesia, dan Ketua DPA pertama. Ia memiliki dua kakak perempuan, Bintianingsih dan Mayrani Ekowati, dan satu orang adik, Hashim Djojohadikusumo (pengusaha handal dengan bisnis di puluhan negara, termasuk Kanada, Rusia, dan Indonesia).

Prabowo adalah keturunan Panglima Laskar Diponegoro untuk wilayah Gowong (Kedu) yang bernama Raden Tumenggung Kertanegara III. Prabowo juga terhitung sebagai salah seorang keturunan dari Adipati Mrapat, Bupati Kadipaten Banyumas Pertama. Selain itu, garis keturunannya dapat ditilik kembali ke sultan-sultan Mataram.

Prabowo menikah dengan Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto pada bulan Mei 1983 dan berpisah pada tahun 1998, tidak lama setelah Soeharto mundur dari jabatan Presiden Republik Indonesia. Dari pernikahan ini, Prabowo dikaruniai seorang anak, Didiet Prabowo. Didiet tumbuh besar di Boston, AS, dan sekarang tinggal di Paris, Perancis sebagai seorang desainer.


Ayah (Soemitro Djojohadikoesoemo)

Prof Dr Soemitro Djojohadikoesoemo (lahir di Kebumen, Jawa Tengah, 29 Mei 1917 – meninggal di Jakarta, 9 Maret 2001 pada umur 83 tahun) adalah salah seorang begawan ekonomi Indonesia yang terkenal. Murid-muridnya banyak yang berhasil menjadi menteri pada era Suharto seperti JB Sumarlin, Ali Wardhana, dan Widjojo Nitisastro. Selain itu, Soemitro juga merupakan ayah dari Mantan Danjen Kopassus, Prabowo Subianto, ayah mertua dari mantan Gubernur Bank Indonesia, Soedrajad Djiwandono, dan juga besan dari mantan Presiden Indonesia, Soeharto.


-------------
Soemitro Djojohadikoesoemo.
------------


Soemitro adalah anak dari Raden Mas Margono Djojohadikusumo, pendiri Bank Negara Indonesia dan Ketua DPAS pertama dan anggota BPUPKI.

Dalam pemerintahan, posisi yang pernah diembannya adalah sebagai Menteri Keuangan, Menteri Perindustrian dan Menteri Riset atau Menristek saat ini.

Di usia ke-33, Sumitro pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan dan Perindustrian RI dan ikut mendirikan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Ia meraih gelar doktor di Nederlandse Economise Hogeschool, Rotterdam, Belanda pada tahun 1943 dengan disertasi berjudul Het Volkscredietwezen in de Depressie.

Sumitro dikenal aktif menulis, dengan cakupan khusus masalah ekonomi. Buku terakhir ia tulis adalah Jejak Perlawanan Begawan Pejuang, diterbitkan Pustaka Sinar Harapan, April 2000. Selama 1942-1994, Sumitro menulis sebanyak 130 buku dan makalah dalam bahasa Inggris.

Sumitro memperoleh banyak penghargaan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Misalnya, Bintang Mahaputra Adipradana (II), Panglima Mangku Negara, Kerajaan Malaysia, Grand Cross of Most Exalted Order of the White Elephant, First Class dari Kerajaan Thailand, Grand Cross of the Crown dari Kerajaan Belgia, serta yang lainnya dari Republik Tunisia dan Prancis.


Ibu (Dora Marie Sigar)


Dora Marie Sigar Sumitro Djojohadikusumo (lahir di Manado, Sulawesi Utara, 21 September 1921 – meninggal di Singapura, 23 Desember 2008 pada umur 87 tahun) adalah istri dari salah seorang begawan ekonomi Indonesia yang terkenal Soemitro Djojohadikoesoemo. Dora Marie meninggalkan dua orang puteri yaitu Bianti Djiwandono dan Mariani le Maistre dan dua orang putera, Prabowo Subianto Djojohadikusumo dan Hashim Sudjono Djojohadikusumo serta delapan cucu dan tiga cicit.

Dora Marie menikah dengan Profesor Sumitro Djojohadikusumo pada 7 Januari 1946 di Jerman. Dora Marie Sigar bertemu pertama kali dengan Profesor Sumitro Djojohadikusumo tahun 1945 di sebuah acara mahasiswa Kristen Indonesia di Rotterdam, Belanda. Saat itu ia belajar di sekolah ilmu keperawatan bedah di kota Utrecht, Belanda.

Selama hidupnya, Dora Marie Sigar penganut agama Kristen, yang berdarah Manado-Jerman itu setia mendampingi Profesor Sumitro Djojohadikusumo dalam pengasingan maupun dalam perjuangan membangun Republik Indonesia. Dora dikenang anak-anaknya sebagai ibu yang penyayang.

Dora dikenal sahabat-sahabatnya sebagai pemain bridge yang tangguh dan sebagai pengurus Persatuan Bridge Indonesia.



Biodata Prabowo Subianto Djojohadikusumo:


Tempat/tgl lahir: Jakarta, 17 Oktober 1951
Ayah: Soemitro Djojohadikusumo
Ibu: Dora Marie Sigar (Dora Soemitro)
Istri: Siti Hediati Hariyadi (1983-1998)
Anak: Didiet Prabowo
Profesi: Perwira militer, politisi, pengusaha
Agama: Islam

Dinas militer:
--- Dinas/cabang: Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat
--- Masa dinas: 1974–1998
--- Pangkat: Letnan Jenderal
--- Pertempuran/perang: Operasi Seroja, Operasi Pembebasan Sandera Mapenduma


Jabatan di Militer:
--- Danjen Kopassus ke-15, periode Desember 1995 – 20 Maret 1998 (Prabowo menggantikan Subagyo Hadi Siswoyo, dan kemudian Prabowo digantikan oleh Muchdi Purwoprandjono)
--- Panglima Kostrad ke-22, periode 20 Maret 1998 – 22 Mei 1998 (Prabowo menggantikan Soegijono, dan kemudian Prabowo digantikan oleh Johny Lumintang)

Penghargaan:

--- Bintang Kartika Eka Paksi Nararya
--- Satyalancana Kesetiaan XVI
--- Satyalancana Seroja Ulangan–III
--- Satyalancana Raksaka Dharma
--- Satyalancana Dwija Sistha
--- Satyalancana Wira Karya
--- Bintang Yudha Dharma Nararya

Karier Politik:

--- Tahun 2004: Prabowo maju sebagai calon presiden pada Konvesi Capres Partai Golkar Tahun 2004, dan lolos hingga putaran akhir, tetapi ia akhirnya kalah suara dari Wiranto.
--- Tahun 2008: Prabowo, bersama adiknya Hashim Djojohadikusumo, mantan aktivis mahasiswa Fadli Zon, dan mantan Deputi V Badan Intelijen Negara Bidang Penggalangan Muchdi Purwoprandjono, serta sederetan nama lainnya, mendirikan Partai Gerakan Indonesia Raya atau Partai Gerindra, pada 6 Februari 2008.
--- Tahun 2009: Prabowo maju sebagai calon Wakil Presiden mendampingi Calon Presiden Megawati Soekarnoputri, pada Pemilu Presiden tahun 2009.
--- Tahun 2014: Prabowo maju sebagai Calon Presiden berpasangan dengan Hatta Radjasa, pada Pemilu Presiden tahun 2014.



--------------
Sumber referensi:
--- http://id.wikipedia.org/wiki/Prabowo_Subianto
--- http://id.wikipedia.org/wiki/Soemitro_Djojohadikoesoemo
--- http://id.wikipedia.org/wiki/Dora_Marie_Sigar

-------------------------------

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan Anda di blog "Pedoman Rakyat"]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar