Blog Grup Pedoman Rakyat

Rabu, 14 Agustus 2013

Ultah Asdar Muis di Empang Ikan


BEGINILAH gaya Asdar "Si Gendut" Muis, pada hari ulang tahunnya yang ke-50, di Ma'rang, Kabupaten Pangkep, Selasa, 13 Agustus 2013. Selain pesta ikan bakar, acara ultah juga diramaikan dengan penampilan gerak tari, baca puisi, dan teater secara spontan dari sejumlah seniman.  (foto : mfaridwm / dari facebook)





-------------------

Ultah Asdar Muis di Empang Ikan


Laporan: Tasman Banto
Dari Ma'rang, Kabupaten Pangkep

-- Tribun Timur, Makassar
-- Selasa, 13 Agustus 2013
-- http://makassar.tribunnews.com/2013/08/13/ultah-asdar-muis-di-empang-ikan

INILAH salah satu ulang tahun yang unik. Dirayakan di sebuah empang ikan di Ma`rang, Kabupaten Pangkep, sejumlah seniman pun tampil membacakan karya sastra dan instalasi pertunjukkan.
Suasananya memang di tempat terbuka. Di pinggir empang di halaman sebuah rumah panggung dipadati orang sampai di kolong rumah. Ratusan ekor ikan bakar bandeng dan ikan mas tinggal pilih untuk dimakan.

Selain pesta ikan bakar tentu saja ada penganan khas Bugis juga disediakan. Maklum lebaran Idul Fitri baru saja usai. Mereka yang datang ke empang yang jauh dari kebisingan kota itu benar benar menikmati keindahan hamparan empang yang terbilang luas. Empang ini milik Keluarga Asdar Muis.

Mereka yang datang memberikan kado ulang tahun ke 50 seniman Asdar Muis RMS dengan penampilan gerak tari, baca puisi, dan teater. Mereka tampil tanpa persiapan tetapi secara spontanitas.

Tak ada acara tiup lilin dan potong kue meski ada yang membawa kue. Tetapi setelah pesta ikan bakar bandeng dan ikan mas, acara seni pun dimulai. Syahriar Tato tampil pertama membacakan tiga puisi berturut turut. Lalu Yudhistira Sukatanya juga membacakan satu puisi. Malahan Simon dari sebuah jembatan kecil dari empang tampilkan instalasi pertunjukkan bersama Anzul dan Bahar Merdhu.

Sementara Ridwan Effendy bukan saja membacakan beberapa puisi tetapi juga menyanyikan lagu dangdut dengan gayanya yang khas membuat para Ibu yang hadir tertawa terkekeh kekeh. (*)


---------------

PENAMPILAN teater secara spontan dari sejumlah seniman pada ulang tahun ke-50 Asdar Muis RMS, di Ma'rang, Kabupaten Pangkep, Selasa, 13 Agustus 2013. (Foto direkam dari facebook Etta Adil)

-------------


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan Anda di blog "Pedoman Rakyat"]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar