Blog Grup Pedoman Rakyat

Rabu, 23 Januari 2013

Hasil Survey Pilgub Sulsel 2013


DUET Syahrul Yasin Limpo (kiri) - Agus Arifin Nu'mang (SAYANG) dalam hasil hitung cepat berbagai lembaga survey, memenangi Pemilihan Gubernur Sulsel 2013, dengan perolehan suara lebih dari 50 persen. Pasangan nomor urut 2 ini, mengungguli pasangan nomor 1, Ilham Arief Sirajuddin - Azis Qahhar Mudzakkar (IA) dan pasangan nomor 3, Andi Rudiyanto Asapa - Andi Nawir Pasinringi. (Foto: Antara/Sahrul Manda Tikupadang)


Hasil Survey Pilgub Sulsel 2013

Hasil survey tidak selamanya menggambarkan aspirasi yang sesungguhnya. Itulah pengalaman yang kami (blog Pedoman Rakyat) peroleh dalam survey Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2013. Tiga kali kami melakukan survey untuk mengetahui aspirasi masyarakat, tiga kali pula Ilham Arief Sirajuddin meraih suara terbanyak.

Setelah pemilihan pada Selasa, 22 Januari 2013, ternyata Ilham Arief Sirajuddin yang berpasangan dengan Aziz Qahhar Mudzakkar, kalah suara dibandingkan Syahrul Yasin Limpo yang berpasangan dengan Agus Arifin Nu'mang (SAYANG II).

Hasil perhitungan cepat beberapa lembaga survey, menunjukkan kemenangan yang cukup meyakinkan duet Syahrul Yasin Limpo - Agus Arifin Nu'mang (SAYANG/pasangan nomor urut 2), atas rivalnya duet Ilham Arief Sirajuddin - Azis Qahhar Mudzakkar (IA/pasangan nomor urut 1), dan duet Andi Rudiyanto Asapa - Andi Nawir Pasinringi (Garuda-Na/pasangan nomor urut 3).

Memang belum ada pengumuman resmi dan penetapan pemenang dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulsel, tetapi berdasarkan hasil perhitungan cepat yang dilakukan beberapa lembaga survey, dengan perolehan suara sekitar 52 persen untuk pasangan nomor urut 2 (Syahrul Yasin Limpo - Agus Arifin Nu'mang) berbanding sekitar 41 persen untuk pasangan nomor 1 (Ilham Arief Sirajuddin - Aziz Qahhar Mudzakkar), tampaknya pengumuman dan penetapan pemenang Pilgub Sulsel 2013 dari KPUD Sulsel, hanya formalitas belaka.

Hasil survey ketiga yang kami lakukan pada periode 2 - 21 Januari 2013, dengan kemenangan yang cukup meyakinkan pasangan Ilham Arief Sirajuddin - Azis Qahhar Mudzakkar dengan perolehan suara 107 (63%), ternyata tidak menggambarkan aspirasi yang sesungguhnya.

Dalam survey dengan pertanyaan tunggal: "Siapa Gubernur-Wagub Sulsel 2013-2018 Pilihan Anda?", duet Syahrul Yasin Limpo - Agus Arifin Nu'mang hanya memperoleh 48 (28%) suara, sedangkan pasangan  Andi Rudiyanto Asapa - Andi Nawir Pasinringi hanya mendapatkan 14 (8%) suara. (Asnawin/pendiri & pengelola blog Pedoman Rakyat)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan Anda di blog Pedoman Rakyat -- http://pedomanrakyat.blogspot.com]

1 komentar:

  1. Masyarakat sudah pintar, mereka sudah melihat dan merasakan dan mengetahui siapa pemimpin yang terbaik untuk sulsel, bukan pemimpin yg membuat lapangan olahraga masyarat dikuasai oleh segelintir orang

    BalasHapus