Selasa, 23 September 2014

Makassar Juara Umum Porda XV Sulsel Tahun 2014




Kontingen Kota Makassar kembali berhasil mempertahankan prestasinya sebagai juara umum Pekan Olahraga Daerah (Porda) Sulawesi Selatan. "Kota Daeng" keluar sebagai Juara Umum Porda XV Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, 9-16 September 2014, setelah mengoleksi sebanyak 56 emas, 48 medali perak dan 57 medali perunggu. (int)







----------------


Makassar Juara Umum Porda XV Sulsel Tahun 2014


Kontingen Kota Makassar kembali berhasil mempertahankan prestasinya sebagai juara umum Pekan Olahraga Daerah (Porda) Sulawesi Selatan. "Kota Daeng" keluar sebagai Juara Umum Porda XV Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, 9-16 September 2014.


Kontingen Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan, tampil sebagai yang terbaik setelah mengoleksi sebanyak 56 emas, 48 medali perak dan 57 medali perunggu. Perolehan medali emas Kontingen Makassar jauh mengungguli Kabupaten Bantaeng diperingkat kedua dengan 37 emas, 44 perak dan 54 medali perunggu.

Sementara pada posisi ketiga direbut Kabupaten Pangkep setelah meraih sebanyak 35 medali emas, 19 medali perak, dan 35 medali perunggu.


Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu`mang dalam sambutannya di Bantaeng, Sulsel, Selasa, 16 September 2014, mengucapkan selamat kepada Kontingen Kota Makassar yang kembali tampil sebagai juara umum. Tuan rumah Kabupaten Bantaeng juga mendapat apresiasi karena sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi.

"Kami atas nama Pemprov Sulsel mengucapkan selamat bagi Makassar yang keluar sebagai juara umum. Kita juga mengapresiasi yang pada pelaksanaan ini bukan hanya meraih sukses dalam penyelengaraan namun juga bisa keluar sebagai juara umum kedua Porda 2014," jelasnya sebelum menutup pelaksanaan Porda secara resmi.

Pada kesempatan itu, Wagub Sulsel itu mengaku bangga dan bersyukur dengan terciptanya sejumlah pemecahan rekor dibeberapa cabang olahraga atletik kategori lompat jauh dan tinggi dan renang.

"Pemecahan rekor di Porda Bantaeng membuktikan bahwa kualitas atlet Sulsel terus mengalami peningkatkan. Kami berharap seluruh atlet terus meningkatkan kemampuan agar agar bisa mempersembahkan hasil maksimal di ajang PON," katanya.


Ketua KONI Sulsel Andi DarussalamTabusala mengapresiasi pelaksanaan Porda XV di Kabupaten Bantaeng. Dia menilai, porda di Bantaeng sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi karena ada beberapa atlet muda renang yang mencatat rekor baru. Hal ini, tentu sangat menggembirakan, karena akan dipersiapkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan datang.


Prestasi Bantaeng

Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah, juga mengaku bangga dengan keberhasilan Kabupaten Bantaeng tampil sebagai juara umum kedua. Apalagi Kabupaten Bantaeng sejak awal justru hanya bertekad menjadi penyelenggara yang sukses ajang olahraga terbesar se-Sulsel tersebut.

Keberhasilan Kabupaten Bantaeng menjadi pesaing Makassar di klasemen perolehan medali juga dikarenakan komitmen atlet yang tidak ingin malu di daerah sendiri.

"Keberhasilan Bantaeng menembus posisi dua ini tentu tidak lepas dari pertolongan Tuhan. Kami berharap hasil ini bisa semakin meningkatkan motivasi atlet untuk terus berlatih keras sehingga bisa memperkuat Sulsel baik dilevel nasional hingga internasional," katanya.

Ketua Kontingen Kabupaten Bantaeng Muslimin Maharang mengatakan, apa yang diperoleh pada porda kali ini, terjadi diluar dugaan. Pasalnya, atlet Bantaeng yang berlomba di semua cabor merupakan putra Bantaeng sendiri.

Menurutnya, menjadi runner up setelah Kota Makkassar, tidak lepas dari kerja keras para atlet, pelatih dan official. “Ini harus di apresiasi karena mereka sudah memberikan yang terbaik,” kata Kepala BPBD Bantaeng ini.

Bonus Atlet Makassar

Ketua KONI Makassar Agar Jaya, mengaku bangga dan bersyukur bahwa target sebagai juara umum bisa tercapai. Keberhasilan tim Makassar juga tidak lepas dari kerja keras seluruh tim baik atlet, pelatih hingga para ofisial.

Untuk para peraih medali baik Porda dan Peparprov Sulsel 2014, Pemkot Kota Makassar telah menyiapkan bonus. Bahkan bonus yang disiapkan sama dengan peraih medali pada pekan Olahraga Daerah (Porda) XV yang digelar secara bersamaan.

Kota Makassar telah menjanjikan bonus sebesar Rp 6 Juta bagi atlet peraih medali emas pada Porda dan peparprov 2014. Jumlah bonus yang akan diberikan mengalami kenaikan dua hingga tiga kali lipat dari yang diperoleh atlet pada Porda Pangkep 2010.

"Untuk atlet Porda mengalami peningkatan dua kali lipat dan atlet pepaprov sebanyak tiga kali lipat. Pada pelaksanaan Porda 2014 ini memang nilainya disamakan antara atet Porda dan Pepaprov atau yang sebelumnya masih Porcada," ujarnya.


----------------------
Penampilan atlet menggunakan baju adat Gowa dan atlet penyandang disabilitas pada pembukaan Porda Sulsel XV di Kabupaten Bantaeng, Sulsel, Selasa 9 September 2014. Pekan olah raga daerah yang digelar 4 tahun sekali ini diikuti 3664 atlet dari 24 kabupaten/kota di Sulsel untuk memperebutkan 1080 medali dari 25 cabang olahraga. (Foto: TEMPO/Iqbal Lubis)
-------------------------


Peparprov III

Pada Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) III Sulsel yang dilaksanakan bersamaan dengan Porda XV Sulsel, yang mempertandingkan enam cabang olahraga, Kota Makassar memperoleh 81 medali terdiri atas 40 emas, 22 perak, dan 19 perunggu.

Ketua Umum Penyelenggara yang juga Wakil Bupati Bantaeng H Muhammad Yasin mengatakan, kontingen tuan rumah Bantaeng juga berada pada posisi kedua klasemen akhir Peparprov setelah merebut 45 medali, terdiri atas 16 emas, 17 perak, dan 12 medali perunggu. (asnawin/dari berbagai sumber)


-------------
@Sumber:
--- http://www.antarasulsel.com/print/58060/makassar-juara-umum-porda-bantaeng-2014
--- http://bantaengkab.go.id/web/berita-342-makassar-juara-umum-porda-xv-dan-peparprov-iii.html
--- http://makassar.tribunnews.com/2014/09/16/makassar-juara-umum-porda-bantaeng
--- http://www.koran-sindo.com/node/421790
---------------------


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan Anda di blog "Pedoman Rakyat"]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar