Mendiknas Luncurkan TBM@Mall

Mendiknas Luncurkan TBM@Mall

Minggu, 02/05/2010
Harian Pikiran Rakyat, Bandung
http://www.pikiran-rakyat.com/node/112565

JAKARTA, (PRLM).- Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh meluncurkan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Pusat Perbelanjaan atau disebut TBM@Mall. Peluncuran yang bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) itu berlangsung di Jakarta, Minggu (2/5).

Tidak hanya di Jakarta, TBM@Mall akan hadir di Bandung, Surabaya, Jawa Tengah, Makasar, dan seluruh wilayah negeri. Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, TBM@Mall hadir di antaranya di Blok M, Plaza Semanggi, dan Cibubur Junction.

"Kita inginkan suasana membaca itu bisa tumbuh di mana-mana karena membaca adalah awal dari pintu ilmu pengetahuan. Pada hari ini kita ingin meluncurkan di pusat-pusat perbelanjaan. Nanti setiap ada pusat-pusat keramaian ada pusat-pusat atau taman-taman bacaaan, sehingga masyarakat kita gemar membaca," kata Mendiknas di Jakarta, Minggu (2/5).

Kehadiran TBM@Mall ini merupakan upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat agar gemar belajar dan membaca. Upaya tersebut dilakukan dengan cara mendekatkan TBM di pusat-pusat fasilitas publik yang semakin semarak. Dengan adanya TBM@Mall, masyarakat diharapkan dapat memperoleh pengetahuan yang bermanfaat, serta lebih fleksibel meskipun hanya sambil berbelanja atau jalan-jalan di mal.

Direktur Pendidikan Masyarakat Ditjen Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) Ella Yulaelawati mengatakan, pihaknya menargetkan pada tahun 2010 dapat didirikan 32 TBM baik di Jakarta, di Bandung, Surabaya, Jawa Tengah, Makassar, maupun seluruh wilayah negeri ini.

Ella Yulaelawati mengatakan, pemerintah menginginkan pusat perbelanjaan dan fasilitas umum lainnya akan menjadi pusat kebudayaan yang bisa disentuh seluruh lapisan masyarakat. “Saat ini, di seluruh Indonesia sudah berdiri 5.552 TBM yang berada di pelosok daerah pedesaan untuk membangun keberaksaraan masyarakat,” katanya. (A-94/das)***

Komentar

Pos populer dari blog ini

Kode Etik Jurnalistik PWI (Persatuan Wartawan Indonesia)

Mengenang Tiga Tahun Wafatnya Pedoman Rakyat